pers menjadi garda terdepan dalam menjaga demokrasi
Semarang (ANTARA) - Pemerintah Kota Semarang dan DPRD Kota Semarang mengajak kalangan pers lebih bersinergi dalam pembangunan Kota Semarang ke depan, seiring dengan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023.

"Selamat Hari Pers Nasional. Saya senang bisa ikut merayakan kegembiraan bersama teman-teman," kata Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, di Semarang, Kamis di sela peringatan HPN 2023 yang digelar Forum Wartawan Balai Kota (Forwakot) Semarang, di Kantor Kecamatan Mijen, Semarang, Kamis.

Ita, sapaan akrab Hevearita bersyukur bisa ikut merayakan kegembiraan bersama rekan-rekan jurnalis meski berlangsung sederhana, dan berharap ke depan lebih bersinergi dalam pembangunan.

Menurut Ita, peran kecamatan sangat besar sebagai garda terdepan pembangunan Kota Semarang dengan berbagai potensi yang dimiliki, termasuk Kecamatan Mijen yang dikenal sebagai penghasil durian.

"Kita tahu bahwa kecamatan berkat koordinasi, kerja sama, dan sinergi bisa menjadi corong Pemerintah Kota Semarang," kata Ita.

Baca juga: Anggota DPR harap pers objektif kawal pemerintahan dan demokrasi
Baca juga: Menag: HPN momentum perkuat pers Indonesia agar kian tangguh

Ketua DPRD Kota Semarang Kadarlusman berharap pers tetap menjadi garda terdepan dalam menjaga demokrasi ke depan.

"Saya selaku wakil rakyat, Ketua DPRD Kota Semarang menyambut baik dan memberikan apresiasi pers menjadi garda terdepan dalam menjaga demokrasi dan menjadi corong mewakili masyarakat untuk bersuara," kata politikus PDI Perjuangan itu.

Sementara itu, Ketua Forwakot Semarang Adennyar Wicaksono mengatakan siap bersinergi dengan Pemkot Semarang dan DPRD dalam pembangunan Kota Semarang menjadi lebih baik.

Tentunya, kata dia, dengan konsep bergerak bersama, tanpa menghilangkan kekritisan dan melupakan fungsi pers sebagai kontrol sosial.

Rencananya, Forwakot bekerja sama dengan Pemkot Semarang akan menggelar beragam kegiatan lomba menyambut HPN 2023 dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-476 Kota Semarang.

Peringatan HPN 2023 secara nasional digelar di Medan, Sumatera Utara, dengan mengusung tema "Pers Bebas, Demokrasi Bermartabat".

Puncak peringatan HPN 2023 dihadiri langsung Presiden Joko Widodo, pimpinan MPR, menteri kabinet Indonesia maju, para duta besar, gubernur, bupati, wali kota, dan insan pers baik dari dalam maupun luar negeri.

Baca juga: PWI ajak pers komit jaga persatuan hadapi tahun politik

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023