Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) telah mengerahkan tim ke Kota Jayapura, Papua untuk melakukan koordinasi penanganan darurat pascagempa.

"Kemenko PMK telah mengerahkan tim ke Jayapura pascagempa magnitudo 5,4," kata Deputi Bidang Koordinasi Pemerataan Pembangunan Wilayah dan Penanggulangan Bencana Kemenko PMK Sudirman dihubungi di Jakarta, Jumat.

Ia menjelaskan berdasarkan hasil pantauan tim dari Kemenko PMK dan Kemensos di lapangan diketahui bahwa hingga saat ini masih terdapat warga yang mengungsi dan membutuhkan bantuan.

"Kendati aktivitas warga perlahan mulai berangsur normal pascagempa, namun masih ada 2.136 jiwa yang mengungsi. Hingga saat ini, masih terus dilakukan pendataan mengenai korban jiwa maupun kerugian material," katanya.

Baca juga: RSUD Jayapura rawat 77 pasien di tenda akibat gempa susulan M 5,4

Ia juga menyampaikan duka mendalam atas gempa bumi yang terjadi di Kota Jayapura, Papua.

"Saya menyampaikan duka mendalam untuk masyarakat yang menjadi korban gempa di Kota Jayapura," katanya.

Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari melaporkan pengungsi gempa magnitudo 5,4 di Kota Jayapura bertambah 2.136 jiwa.

Adapun rinciannya 50 Kepala Keluarga (KK) mengungsi di Kompleks CV Thomas, 50 KK di Bank BTN Kota Jayapura, 200 jiwa di Kristus Raja Dok V, 400 jiwa di Bhayangkara I dan 300 jiwa di B-One.

Selain itu, 110 jiwa di depan kantor Depnaker, 125 jiwa di TPI Hamadi, 65 jiwa di lingkungan Bhayangkari Baru, 100 jiwa di Kantor Lurah Hamadi, 50 jiwa di sanak keluarga, 40 jiwa di kantor United Traktor, 260 jiwa di DOK IV Jalan Sumatera, 73 jiwa di RT01 Tasangka, 254 jiwa di Gajah Putih, dan 159 di Polairud Hamadi.

Data kerugian material juga bertambah. Adapun rinciannya 15 rumah rusak berat, satu rumah rusak sedang, dan 28 rumah rusak ringan. Selain itu satu kafetaria roboh dan tenggelam, lima gedung perkantoran rusak, RSUD Kota Jayapura rusak, satu masjid, dua gereja, satu hotel, dan satu toko modern turut terdampak.

Baca juga: Pemkot Jayapura pastikan puskesmas tetap melayani warga pascagempa
Baca juga: Pemprov Papua data kerusakan kantor dampak gempa magnitudo 5,4
Baca juga: BNPB: Pengungsi gempa Jayapura Papua bertambah 2.136 jiwa


Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023