Total ada 22 warga atau mahasiswa asal Jambi yang dalam kondisi aman, namun ada laporan dari Turki bahwa ada dua mahasiswa yang sudah kembali ke Jambi sebelum terjadi gempa di sana
Jambi (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi telah berhasil mendata seluruh warga atau pelajar asal Jambi yang saat ini berada di Turki dan memastikan sebanyak 22 orang dalam kondisi selamat usai gempa dahsyat berkekuatan magnitudo di Turki.

“Total ada 22 warga atau mahasiswa asal Jambi yang dalam kondisi aman, namun ada laporan dari Turki bahwa ada dua mahasiswa yang sudah kembali ke Jambi sebelum terjadi gempa di sana,” kata Watni, dari Departemen Layanan Kebijakan Kemendikbud. Biro Kesra Provinsi Jambi, di Jambi, Sabtu.

Ia menjelaskan data tersebut diperoleh Pemprov Jambi setelah berkoordinasi dengan Ikatan Keluarga Jambi (IKJ) di Turki.

Data tersebut berhasil dimutakhirkan setelah proses evakuasi WNI di sana dilakukan 
IKJ di Turki. Data itu berhasil diupdate setelah proses evakuasi warga Indonesia di sana terlaksana.

“Ini data yang kami terima dari IKJ, soalnya data ini baru tersambung sejak gempa terjadi. Perlu diketahui ada sinyal situasi buruk, apalagi situasi di sana masih dalam keadaan evakuasi, " kata Watni.

Saat ini, kata dia, kondisi warga atau pelajar Jambi sudah dievakuasi ke provinsi lain yang jauh dari episentrum dan aman dengan kondisi warga Jambi juga aman dan berhasil dilindungi.

Sejauh ini, Pemprov Jambi juga masih menunggu hasil koordinasi dengan Kemlu RI di Turki untuk menindaklanjuti syarat lebih lanjut apakah warga Jambi tersebut ingin kembali ke Jambi atau tetap di sana.

“Kami sekarang dari Pemprov Jambi masih menunggu instruksi dari Kemenlu langkah selanjutnya dan yang jelas kami dari Pemprov Jambi terus aktif berkoordinasi demi keselamatan warga kami di sana,” kata Watni.
 

Sementara itu, Sekdaprov Jambi Sudirman sebelumnya juga menyampaikan bahwa mahasiswa yang berada di Turki semuanya selamat dan laporan dari Kementerian Luar Negeri saat ini ada 6.500 Warga Negara Indonesia (WNI) di Turki termasuk 22 dari Jambi.

Baca juga: Puluhan mahasiswa Jambi di Turki dievakuasi ke provinsi aman

Baca juga: Seorang personel Basarnas Jambi ikut dalam Operasi SAR di Turki

Baca juga: 35 anak di Jambi dibantu oleh Baznas dengan beasiswa pendidikan ke Mesir dan Turki


Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023