Jakarta (ANTARA) - Kompetisi sepak bola nasional bertajuk "AIA Championship" kembali bergulir 2023 setelah sempat vakum selama dua tahun akibat pandemi COVID-19, dengan menargetkan mengirim tujuh pemain pria dan wanita untuk bertanding di London, Inggris.

Ajang tersebut mempertandingkan masing-masing sebanyak 16 tim pria dan wanita dengan total diikuti sebanyak 224 pemain, dan berlangsung di Lapangan Panahan Senayan, Jakarta.

"Kompetisi tahun ini kembali diadakan setelah absen selama dua tahun sejak pandemi. Program ini merupakan inisiatif untuk mendorong masyarakat Indonesia aktif dan bergerak melalui sepak bola, olahraga yang dekat dan sangat diminati di Indonesia," kata Kepala Marketing AIA Kathryn Parapak dalam konferensi pers di Jakarta, Sabtu.

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa ketujuh pemain pria dan wanita yang terpilih ke London akan ikut serta dalam kompetisi berkelas internasional yang akan dihelat pada Mei. Kompetisi internasional itu akan diikuti enam tim pria dan wanita dari keenam negara perwakilan AIA di Asia.

Pihaknya menilai Indonesia memiliki banyak talenta sepak bola dan kompetisi ini dapat membantu bibit berbakat di Tanah Air untuk berkembang. Bahkan AIA melibatkan klub Liga Premier Inggris Tottenham Hotspur untuk menjalankan kompetisi ini, dengan harapan bisa menjadi sarana yang kuat dalam memperdalam keterlibatan dengan komunitas di seluruh Asia.

Kompetisi itu telah terbukti melahirkan talenta-talenta berbakat di Indonesia, salah satunya seperti Yongki Ariwibowo yang berpengalaman sebagai pemain tim nasional dan memperkuat sejumlah klub di Indonesia.

Kompetisi yang sama juga menjadi batu loncatan bagi Carla Bio Pattinasarany, yang sekarang bermain untuk tim Asprov DKI serta menjadi anggota timnas putri Indonesia.

Selain menemukan dan mengembangkan talenta sepak bola, AIA Championship memiliki tujuan utama yaitu mengajak masyarakat agar terus menjaga pola hidup sehat.

"Tujuan AIA membantu masyarakat khususnya di Asia untuk hidup lebih sehat, lebih lama, lebih baik, mendasari semua yang kami lakukan sebagai perusahaan," kata Kepala Pemasaran AIA Stuart Spencer.

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023