Kendari (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra mengimbau seluruh SMA/SMU sederajat di daerah ini untuk segera menginput data siswa calon peserta bebas tes atau jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

Kepala Bidang SMA Dikbud Sultra, Asikin Pasiu di Kendari, Minggu, mengatakan, setiap sekolah wajib mengusulkan siswanya yang berprestasi, untuk masuk perguruan tinggi lewat jalur bebas tes atau SNBP.

"Upaya itu penting dilakukan, agar siswa yang berprestasi memiliki peluang masuk perguruan tinggi negeri (PTN) favorit tahun ini," ujarnya.

Baca juga: Unsri terima 2.000 calon mahasiswa baru jalur SNBP 2023

Kata Asikin, Caranya mudah, sekolah bisa langsung mengakses link snpmb.bppp.kemendikbud.go.id dan mengikuti petunjuk teknis (juknis) penerimaan dan Siswa yang berprestasi, dan harus didampingi agar bisa masuk perguruan tinggi gratis dan pemerintah sudah buka jalurnya tinggal sekolah yang bantu.

Ia berharap, seluruh sekolah bisa segera menginput data siswa, sebelum deadline pendaftaran atau registrasi akun peserta pada 16 Februari 2023.

Baca juga: Unair paparkan ketentuan SNBP dan SNBT tahun 2023

Di sisi lain, percepatan pengusulan data calon penerima beasiswa bebas tes penting dilakukan, guna menghindari potensi tidak lulusnya siswa, seperti yang terjadi tahun lalu di SMA Negeri 4 Kendari, tak ada satupun siswa yang lolos dalam jalur bebas test.

"Kami sudah bersurat ke sekolah-sekolah, untuk segera membantu siswanya yang ingin kuliah lewat jalur bebas tes,” harapnya.

Baca juga: UIN Ar-Raniry akan terima 6.185 mahasiswa Baru
Baca juga: Seleksi penerimaan mahasiswa baru akademik dan vokasi disatukan
Baca juga: Unsri terima 2.000 calon mahasiswa baru jalur SNBP 2023

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023