Jakarta (ANTARA) -
Ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari membuka keunggulan Indonesia atas Bahrain dalam lanjutan babak penyisihan Grup C Kejuaraan Asia Bulu Tangkis Beregu Campuran Asia atau Badminton Asia Mixed Team Championship (BAMTC) 2023.
 
Mereka sukses mengalahkan wakil Bahrain Mohamed Muanis/Reya Fathima dengan 21-7, 21-6 dalam tempo 16 menit di Dubai Exhibition Centre, Dubai, Uni Emirat Arab, Rabu.
 
"Bersyukur saya bisa mempersembahkan angka pertama bagi Indonesia. Semoga teman-teman yang tampil berikutnya bisa juga tampil baik dan menang," kata Pitha, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.
 
"Saya senang bisa menang dan membuka kemenangan bagi tim. Semoga teman yang lain juga lancar, menang, dan tambah semangat," ujar Rinov menambahkan
 
Dalam pertandingan selama 16 menit itu, wakil Indonesia ini bisa bermain lebih baik dibanding kemarin saat melawan Suriah. Hal ini juga karena kualitas teknik lawan juga relatif lebih baik.
 
Lawan, terutama Mohamed Muanis, kata Rinov/Pitha punya kemampuan bermain baik. Dia juga memiliki teknik pukulan yang memadai, sehingga bisa memberikan perlawanan lebih seru.
 
"Dalam pertandingan tadi, terutama yang pemain putra, tekniknya juga bagus. Punya pukulan yang berisi," ujar Rinov.
 
Dengan hasil ini, Rinov/Pitha mengaku adaptasi dengan lapangan juga makin baik. Hal ini bisa menjadi bekal bila kembali diturunkan pada pertandingan selanjutnya.
 
"Ya, adaptasinya makin baik setelah dua kali main. Ini bisa jadi modal kalau dipercaya tampil di laga berikutnya," pungkas Pitha.
 
Dalam pertandingan melawan Bahrain, Indonesia juga menurunkan tunggal putri melalui Putri Kusuma Wardani yang berhadapan dengan Lizbeth Elsa Binu.
 
Lalu ada juga Chico Aura Dwi Wardoyo yang dijadwalkan bersaing dengan tunggal putra Bahrain Adnan Ebrahim. Pada sektor ganda putri, Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugianto menghadapi Lizbeth Elsa Binu/Reya Fathima.
 
Terakhir ganda putra Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan bersaing dengan Adnan Ebrahim/Mohamed Muanis.


Baca juga: Pramudya/Yeremia pastikan Indonesia menang telak 5-0 atas Suriah
Baca juga: Lanny/Ribka makin percaya diri usai sumbang poin saat lawan Suriah
Baca juga: Gregoria sumbang poin meski kurang fitdi BAMTC 2023

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023