"Kami berharap SDM Pemkot bisa menjadi birokrat yang profesional, unggul, sehat, dan produktif,"
Surabaya (ANTARA) - Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Kota Surabaya menyatakan kinerja atau kualitas sumber daya manusia (SDM) di lingkup pemerintah kota setempat perlu ditingkatkan untuk memudahkan pelayanan publik.

"Kami berharap SDM Pemkot bisa menjadi birokrat yang profesional, unggul, sehat, dan produktif," kata Ketua Fraksi PKS DPRD Surabaya Cahyo Siswo Utomo dalam keterangan tertulisnya di Surabaya, Kamis.

Menurut Cahyo, pernyataan tersebut telah disampaikan saat kunjungan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Surabaya Ikhsan ke Fraksi PKS belum lama ini. Kunjungan Sekda Ikhsan yang baru saja dilantik menandai satu permulaan yang baik dengan adanya silaturrahim.

"Meskipun secara pribadi-pribadi bukan kali pertama bertemu beliau, namun kehadiran beliau sebagai Sekda tentu sangat berarti. Untuk itu kami sangat berterima kasih," ujar Cahyo.

Cahyo menjelaskan, dengan pesatnya teknologi digital dan berkembangnya orientasi pelayanan pada lembaga publik, maka sudah sepatutnya SDM Pemkot Surabaya lebih produktif dan kompetitif.

"Pak Sekda sebagai mantan Kadis dan juga Inspektorat, tentu memahami hal ini," katanya.

Para anggota Fraksi PKS dan Sekda Ikhsan bertukar pikiran mengenai persoalan pembangunan Kota Surabaya.

"Fraksi PKS menyampaikan beberapa gagasan berkenaan dengan situasi dan kondisi Surabaya akhir-akhir ini. Sebagai Sekda, tentu beliau sudah mengerti hal tersebut. Namun sebagai dewan, kami wajib urun rembug menyampaikan aspirasi warga kota," ujar pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris DPD PKS Kota Surabaya ini.

Pada kesempatan tersebut juga dibicarakan upaya terobosan agar Surabaya lebih cepat pulih secara ekonomi, sosial, dan budaya, pascapandemi COVID-19.

"Kami berbincang pula perkembangan Surabaya ke depan bagaimana agar sosial politiknya semakin harmoni, warga kota semakin sejahtera ekonominya, dan semakin bermartabat secara budaya," kata Cahyo.

Selain itu, lanjut dia, Fraksi PKS juga menyampaikan kesiapan untuk berkolaborasi dengan seluruh jajaran Pemkot dalam rangka mensukseskan berbagai Rencana Pembangunan yang telah disusun bersama.

"Pekerjaan melayani dan menyejahterakan warga kota tentu tidak bisa dilakukan satu dua pihak. Oleh sebab itu PKS siap menjadi bagian yang aktif dan kontributif dalam setiap upaya tersebut. Sejak awal keberadaan PKS untuk itu," kata dia.
 

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023