Ini baru potongan keindahan di Jakarta Utara karena masih banyak tempat wisata menarik lainnya
Jakarta (ANTARA) - Sekitar 220 orang mengunjungi objek wisata pesisir Jakarta Utara dalam kegiatan bertema "Slice of North Jakarta 2023" yang diselenggarakan Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) setempat pada Kamis.

Mereka mengunjungi beberapa lokasi, mulai dari Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum Bahari dan Pantjoran Pantai Indah Kapuk (PIK).

​Kepala Suku Dinas (Kasudin) Parekraf Jakarta Utara, Wiwik Satriani di Jakarta Utara, mengatakan​​​​​​, kegiatan pengenalan destinasi wisata pesisir Jakarta Utara bagi pelajar, kreator konten, pelaku UMKM dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) itu merupakan upaya mempromosikan sejumlah objek wisata unggulan.

"Ini baru potongan keindahan di Jakarta Utara karena masih banyak tempat wisata menarik lainnya," kata Wiwik Satriani di Gelanggang Olah Raga Sunter, Tanjung Priok.

Wiwik mengemukakan, beragam potensi wisata di Jakarta Utara (Jakut) dapat menjadi daya tarik bagi sejumlah wisatawan lokal maupun mancanegara.

Baca juga: Taman Wisata Alam Mangrove Jakarta Utara tambah 500 bibit bakau baru

Seperti halnya di Pelabuhan Sunda Kelapa. Banyak pihak belum melihat keunikan kapal-kapal kayu tradisional yang saat ini masih digunakan sebagai alat transportasi untuk mengangkut barang dan orang.

"Sama halnya di Museum Bahari, di sana kita bisa melihat bukti sejarah maritim Indonesia," katanya.

Selain mengenal peninggalan masa lampau, ratusan pengunjung juga diajak untuk melihat kemajuan kota Jakarta dengan menggunakan bus pariwisata.

"Tadi mereka juga berwisata ke PIK dan melihat kemajuan Jakarta di zaman sekarang. Ini adalah bekal untuk anak-anak agar ke depannya bisa berbuat sesuatu yang dapat memajukan Jakarta Utara," kata Wiwik.

Rangkaian kegiatan pengenalan destinasi wisata pesisir Jakarta Utara mendapatkan apresiasi langsung dari Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Kota Jakarta Utara Wawan Budi Rohman.

"Kegiatan ini dapat meningkatkan wawasan dan juga menanamkan rasa kebanggaan bahwa kita berada di Jakarta Utara yang memiliki beragam potensi," kata Wawan.

Baca juga: Semilir angin Pantai Ancol yang bikin betah

Bukan hanya melihat masa depan tapi para peserta juga dibawa untuk menyaksikan sejarah di masa lalu.

Berwisata mengelilingi Jakarta Utara mengukir kenangan bagi para peserta kegiatan. Salah satunya adalah pelajar Kelas XI MIPA 3 dari SMAN 73 Jakarta Clara Dwi Puspa Sari yang mengaku takjub dengan keindahan wisata pesisir Jakarta Utara.

"Ini baru pertama kalinya saya berkunjung ke Kolinlamil, Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari," katanya.

Setiap tempat wisata yang dikunjungi pasti punya cerita tersendiri dan itu menjadi pelajaran untuk semua.

"Seru banget untuk pengalaman wisata hari ini. Semoga kegiatan ini nantinya diadakan lagi dan bisa mendatangi tempat destinasi wisata yang baru," kata Clara.
 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023