Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita yang disiarkan ANTARA pada laman Humaniora dan Warta Bumi, Kamis (16/2), menarik perhatian pembaca, mulai dari industri smelter nikel, arah Presiden tentang pertolongan awal bencana, hingga mitigasi kebakaran hutan di Riau.

Berikut rangkuman lima berita kemarin yang masih menarik untuk disimak hari ini:

1. Menaker: Industri smelter nikel ciptakan lapangan kerja baru

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah menyebut pengembangan industri smelter nikel mampu menciptakan lapangan kerja baru yang menyerap angkatan kerja setiap tahunnya.

Selengkapnya baca di sini

2. Jokowi minta Basarnas edukasi masyarakat soal pertolongan awal bencana

​​​​​​Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar Basarnas dapat melibatkan masyarakat melalui edukasi tentang pertolongan awal yang bisa dilakukan saat terjadi bencana, mengingat keterlibatan masyarakat dalam proses pertolongan dan pencarian korban sangat penting, terutama di daerah rawan bencana.

Selengkapnya baca di sini

3. Debit air naik, banjir bandang rendam sejumlah wilayah di Ponorogo

Hujan deras yang mengguyur sepanjang hari di hampir seluruh wilayah Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, sejak Selasa (14/2) hingga Rabu (15/2) 2023 telah memicu peningkatan debit air Sungai Paju sehingga meluber dan menyebabkan banjir bandang yang merendam sejumlah wilayah daerah itu.

Selengkapnya bisa dibaca di sini

4. BNPB: 77 jiwa dievakuasi akibat erupsi Gunung Karangetang

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan 77 jiwa dievakuasi ke Museum Siau Timur, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, akibat erupsi Gunung Api Karangetang.

Selengkapnya bisa dibaca di sini

5. Sebanyak 134 kecamatan se-Riau dipetakan rawan kebakaran hutan dan lahan

Pemerintah Provinsi Riau memetakan 134 kecamatan yang rawan kebakaran untuk mengantisipasi terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terkait Riau akan memasuki musim kemarau dengan menerbitkan surat keputusan (SK) gubernur Nomor: Kpts. 191/11/2023.

Selengkapnya bisa dibaca di sini

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023