Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Lampung mengatakan bahwa dua gelaran pariwisata di daerahnya masuk dalam Karisma Event Nusantara 2023.

"Untuk gelaran pariwisata daerah ada dua yang terpilih dalam kurasi nasional dan masuk dalam Karisma Event Nusantara 2023," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung Bobby Irawan, di Bandarlampung, Sabtu.

Ia mengatakan bahwa dua gelaran pariwisata yang masuk dalam kalender event nasional itu, adalah Tubaba Art Festival asal Kabupaten Tulangbawang Barat, serta Festival Sekala Bekhak yang berasal dari Kabupaten Lampung Barat.

"Kemarin Tubaba Art Festival serta Festival Sekala Bekhak diumumkan masuk ke kalender event nasional, dan diharapkan ini dapat meningkatkan kedatangan wisatawan ke daerah," katanya.

Dia mengharapkan di tahun mendatang makin banyak gelaran pariwisata di daerahnya, masuk dalam Karisma Event Nusantara. Sehingga pariwisata lokal dapat kembali bertumbuh.

"Setelah dua festival lokal Lampung masuk ke ajang nasional, di sini juga telah menyiapkan kalender event daerah untuk menarik wisatawan," ujar dia.

Menurut dia pada 2023 ini di daerahnya tercatat telah ada sekitar 90 ajang pariwisata yang masuk dalam kalender event Lampung.

"Ada 90 an event pariwisata lokal yang merupakan unggulan dari 15 kabupaten dan kota, ajang pariwisata ini nanti akan diumumkan bersamaan dengan gelaran Travel Mart pada 26 Februari nanti," kata dia lagi.

Sebelumnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah meluncurkan sebanyak 110 ajang pariwisata unggul daerah yang masuk dalam Karisma Event Nusantara 2023.

Sebanyak 110 ajang pariwisata unggulan tersebut merupakan event yang lolos kurasi dari total 291 kegiatan pariwisata yang diusulkan oleh Dinas Pariwisata Provinsi se-Indonesia.

Baca juga: Kemenparekraf: Festival Danau Sentarum tumbuhkan ekonomi wisata
 

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023