Pernah di sini kemacetan terjadi sekitar enam jam, dari jam lima sore sampai jam 12 malam
Bandung (ANTARA) -
Bupati Bandung Dadang Supriatna menyebutkan Jalan Raya Bojongsoang yang merupakan salah satu akses utama masyarakat Kabupaten Bandung menuju ke Kota Bandung, Jawa Barat, harus sudah memiliki jalan layang untuk mengatasi kemacetan.
 
Menurutnya, permasalahan kemacetan di jalan raya tersebut sudah cukup serius karena bisa terjadi hingga tengah malam karena lalu lintas yang padat.
 
"Pernah di sini kemacetan terjadi sekitar enam jam, dari jam lima sore sampai jam 12 malam," kata Dadang di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu.
 
Jalur tersebut, kata dia, merupakan akses utama bagi masyarakat yang tinggal di daerah Bojongsoang, Baleendah, Banjaran, hingga Ciparay, untuk menuju ke Kota Bandung.
 
Menurutnya, usulan pembangunan jalan layang di Jalan Raya Bojongsoang itu akan disampaikan ke Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam waktu dekat.

Baca juga: Banjir genangi Kabupaten Bandung, jalan utama di Dayeuhkolot putus

Baca juga: Jalan penghubung antar kabupaten di Naringgul-Cianjur amblas
 
"Tentunya jangan urus Kota Bandung saja Pak Gubernur, tolong Kabupaten Bandung juga diurus," kata Dadang.

Ia mengusulkan pembangunan jalan layang itu dilakukan mulai dari kawasan Desa Cipagalo di sekitar jembatan Tol Purbaleunyi atau batas antara Kabupaten Bandung dan Kota Bandung, hingga ke kawasan Baleendah.
 
Sehingga, kata dia, masyarakat yang menuju ke kawasan Baleendah hingga Ciparay bisa mengakses penuh jalan layang itu tanpa hambatan. Sedangkan warga yang tinggal di sekitar kawasan Bojongsoang bisa mengakses jalur biasa di bawahnya.
 
"Inilah salah satu solusi (mengurai kemacetan), mudah-mudahan ada pencerahan," kata Dadang.

Baca juga: Pemkab: Wisata Bandung Selatan mulai pulih seperti sebelum pandemi

Baca juga: Lima kecamatan di Kabupaten Bandung masuk rencana kawasan metropolitan

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023