Kakao memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.
Lampung Barat (ANTARA) - Kepala Bidang Perkebunan pada Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Lampung Barat Sumarlin mengatakan, harga kakao di Lampung Barat saat ini bisa mencapai Rp28 ribu hingga Rp40 ribu per kilogram.

"Untuk harga di pasaran saat ini masih berkisar antara Rp40 ribu per kilogram untuk grade yang bagus," kata Sumarlin, di Lampung Barat, Lampung, Minggu.

Dia mengatakan, harga kakao saat ini terbagi menjadi dua golongan, yaitu golongan grade kakao yang kualitas bagus dan kualitas biasa.

"Sedangkan untuk yang biasa itu Rp28 ribu sampai dengan Rp34 ribu per kg, nilainya terbilang masih cukup menguntungkan bagi petani," kata dia.

Menurutnya pula, saat ini hasil produksi kakao di Lampung Barat telah dipasarkan ke pasar lokal maupun luar kota.

Disbunnak Kabupaten Lampung Barat telah mencatat hasil produksi kakao di Lampung Barat mencapai 929 ton per hektare dalam satu tahun.

"Kakao memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat," ujar dia

Dia berharap kepada seluruh petani kakao di Lampung Barat agar bisa mengelola kebun kakao secara baik.

"Tentunya perawatan yang dilakukan harus disiplin dan teratur, agar hasilnya yang didapat juga maksimal," kata dia pula.

Kakao adalah jenis tanaman perkebunan yang sangat populer dengan olahan buahnya. Cokelat merupakan olahan yang berasal dari biji kakao.

Kakao diduga berasal dari daratan Amerika dan lebih tepatnya di Amerika Selatan. Pohon kakao di alam bebas dapat mencapai ketinggian hingga belasan meter.
Baca juga: Pemprov Lampung dorong petani tingkatkan mutu dan kualitas biji kakao
Baca juga: Lampung maksimalkan pengelolaan kakao tingkatkan nilai jual

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023