Banda Aceh (ANTARA) - PMI Kota Banda Aceh bekerja sama dengan seniman muda Aceh berhasil menghimpun dana sebesar Rp10,5 juta pada kegiatan amal peduli korban bencana gempa Turki.

"Donasi itu berasal dari lelang baju 'Pray for Turkiye' PMI Kota Banda Aceh, lelang produk dari Ija Kroeng, serta lelang paket layanan penginapan dan restoran dari Kyriad Muraya Hotel Aceh," kata Ketua PMI Kota Banda Aceh Ahmad Haeqal Asri, di Banda Aceh, Minggu.

Selain itu, PMI Kota Banda Aceh juga menjual air mineral kepada masyarakat yang hasil penjualannya juga dimasukkan ke dalam donasi.

PMI Kota Banda Aceh masih akan membuka rekening PMI Peduli Sesama hingga Senin, 20 Februari 2023, sebelum menutup saluran donasi.

Baca juga: PMI serahkan bantuan 100 ribu dolar AS untuk korban gempa Turki

Haeqal mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang sudah menyumbang dan berpartisipasi dalam kegiatan amal peduli korban bencana gempa Turki.

Seluruh donasi yang dikumpulkan hingga Senin nanti akan diberikan kepada PMI Pusat melalui PMI Provinsi Aceh, sebelum disalurkan langsung kepada korban gempa Turki.

Turki, kata Haeqal, sudah banyak membantu Aceh ketika tsunami 2004 dulu. Bahkan sejak masa Kesultanan Turki Utsmani, Aceh dan Turki sudah punya hubungan yang sangat dekat.

"Sekarang saudara kita sedang ditimpa musibah, dan saat ini kesempatan kita untuk membantu saudara di Turki yang sering membantu kita tanpa pamrih," ujarnya.

Baca juga: PMI kirim tim medis ke Turki bantu korban gempa

Dia berharap dana yang dikumpulkan oleh PMI Kota Banda Aceh bersama seniman muda Aceh ini bisa bermanfaat untuk korban gempa Turki.

Sementara itu, Ketua PMI Provinsi Aceh Murdani Yusuf mengatakan, kegiatan penggalangan dana tersebut menjadi bukti solidaritas masyarakat Aceh untuk Turki.

Saat ini, lanjut Murdani, seluruh jajaran PMI di Indonesia membuka rekening donasi untuk Turki. Diharapkan, masyarakat Aceh ikut memberikan donasi terbaiknya guna meringankan beban korban terdampak gempa.

"Bagi masyarakat yang ingin mengirimkan donasi silakan kirim melalui rekening Bank Aceh Syariah atas nama PMI Peduli Sesama (01701990000200)," demikian Murdani.

Baca juga: Relawan PMI gelar doa bersama dan tabur bunga untuk Turki

Sebelumnya, Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat juga sudah mengirimkan donasi sebesar 100.000 dolar AS kepada Turki yang diterima langsung oleh Duta Besar Turki untuk Indonesia.

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023