Ambon (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon berharap kerjasama Sister City (kota kembar) Ambon dan Vlissingen akan berlanjut di bidang lain.

"Dukungan nyata Pemerintah Vlissingen bagi Ambon dengan membantu pelayanan dasar di kota ini, baik di bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan hidup juga sanitasi dan air bersih," Kata Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena, di Ambon, Ahad.

Kunjungan Wali Kota Vlissingen, Bas Van Den Tillaar dan Wakil Wali Kota Albert Vader bersama Yayasan SSVA, menunjukkan Pemerintah Vlissingen sangat menaruh perhatian kepada Kota Ambon.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kunjungan Wali Kota, Wakil Wali Kota dan rombongan, pemerintah dan warga Kota merasakan betul dampak dari kerjasama Ambon - Vlissingen, ini membuktikan bahwa Vlissingen menaruh perhatian, kami berharap hubungan kerjasama Sister City akan terus berlanjut dan meluas di bidang lainnya," katanya.

Baca juga: Pemprov Maluku-Pemerintah Vlissingen bahas peluang kerja sama

Baca juga: Pemerintah Vlissingen Belanda - Ambon jajaki program "sister school"


Wali Kota Vlissingen Bas Van Den Tillaar, menyatakan selama kurang lebih satu pekan berada di kota itu, pihaknya telah mengunjungi banyak tempat diantaranya Balai Kota, Klinik Mata AV, RSUP Dr Leimena, Universitas Pattimura, Puskesmas, Pengelolaan sampah, sekolah dan sanggar seni.

Hasil kunjungan tersebut akan dilaporkan kepada Kedutaan Besar Belanda di Jakarta, serta akan menjadi bahan diskusi dalam proyek lainnya bersama SSVA.

"Kami akan terus berdiskusi dengan SSVA, apakah ada proyek lain yang dapat dikerjakan dan kerjasama antara kedua kota akan terus dilanjutkan dalam jangka waktu yang panjang," katanya.

Wakil Wali Kota Vlissingen, Albert Vader juga menyampaikan sangat terkesan dengan Kota Ambon dan merasakan banyak perubahan yang terjadi sejak dirinya pertama kali datang di tahun 2015.

"Semuanya menjadi perhatian pemerintah Vlissingen untuk terus melakukan kerjasama dengan Kota Ambon," ujarnya.*

Baca juga: Vlissingen dan Unpatti kerja sama pertukaran mahasiswa

Baca juga: Pemerintah Vlissingen - SSVA bantu 23 alat pacu jantung di Ambon

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023