Kota Bogor (ANTARA) - Himpunan Alumni Peternakan Institut Pertanian Bogor (Hanter IPB) University mengundang 1.200 orang anggotanya dalam rangkaian kegiatan reuni akbar Hari Pulang Kandang yang ingin memberi semangat peternak Indonesia memajukan ketahanan pangan dari unsur hewani.

Ketua Panitia Hari Pulang Kandang tahun 2023 Wisnu Brata Ratning Sayekti disapa Naning di IICC Botani Square Bogor, Minggu, mengatakan kegiatan yang dilaksanakan sepekan sejak Minggu 12 Februari 2023 hingga Minggu 19 Februari 2023 telah menyelenggarakan serangkaian acara penuh kreativitas untuk mengingatkan potensi peternakan di Indonesia.

"Reuni akbar untuk Fakultas Peternakan (IPB) dari angkatan minus sampai angkatan terakhir lulus angkatan ke-55 plus melibatkan semua jenjang s1 s2 s3 dan alih jenjang," kata Naning.

Naning menjelaskan dengan digelarnya Hari Pulang Kandang terbesar pertama ini, Hanter juga meluncurkan Mars Hanter, gedung Hanter di Kampus IPB Dramaga dan menggalakkan bantuan sosial "goceng" setiap Jumat serta memberikan beasiswa bagi mahasiswa Fakultas Peternakan IPB.

Pada puncak kegiatan reuni akbar Hanter IPB Minggu (19/2) ini , acara Hari Pulang Kandang dihadiri 1200 alumni. Kegiatan dihadiri oleh Rektor IPB Arif Satria, Ketua Hanter Audy Joinaldy yang juga merupakan Wakil Gubernur Sumatera Barat dan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto.

Sementara sebelumnya, kata Naning, telah ada lomba online logo Hanter, lomba Batok Hanter dan peresmian ruang hanter yang dihadiri di Fakultas Peternakan IPB Dramaga sebanyak 450 orang.

Selanjutnya, ada pula Bazar IPB baranangsiang, lomba mewarnai, lomba memasak ceplok telur online, bazar dengan 500 orang alumni yang hadir, menyediakan layanan vaksinasi COVID-19 di IICC Bogor bekerja sama Dinas Kesehatan Kota Bogor.

Menurutnya, rangkaian kegiatan itu tidak lain untuk mengajak optimisme akan dunia peternakan Indonesia yang siap digawangi oleh para alumni IPB.

"Awal acara sebelumnya, ada jalan pagi peresmian gedung, soft launching mars Hanter dan aransemen baru mars fapet beasiswa dan bantuan sosial," jelasnya.

Naning menyampaikan, dengan gerakan alumni yang selama ini menyisihkan uangnya setiap Jumat, tidak ada mahasiswa Fakultas Peternakan IPB yang tidak lulus karena tak sanggup membayar uang kuliah tunggal (UKT).

"Tidak ada (mahasiswa) yang tidak lulus karena tidak bisa bayar UKT, dana sosial ini juga untuk mahasiswa alumni keluarga alumni, para pensiunan dosen," katanya.


Baca juga: KOICA bantu IPB dan SNU kembangkan inovasi lingkungan dan biosains
Baca juga: Peneliti bio-ekologi: Tak semua rayap timbulkan kerusakan parah​​​​​​

Pewarta: Linna Susanti
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023