Medan (ANTARA) - Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak memastikan kesiapan lokasi Tim Trauma Center F1 Powerboat Danau Toba untuk membantu penanganan medis.

Menjelang kegiatan F1 Powerboat Danau Toba, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, pada 24-26 Februari 2023, berbagai sarana prasarana terus dipersiapkan.

"Adapun sarana dan prasarana yang disiapkan yaitu lokasi Trauma Center yang diisi sebanyak 70 tim dokter spesialis gabungan dari Kemenkes RI dan RSUP H Adam Malik untuk ditugaskan membantu penanganan medis selama kegiatan F1 Powerboat," kata Panca, di Balige, Senin.

Untuk memastikan kesiapan lokasi Trauma Center itu, Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak melakukan pengecekan bersama pihak Injourney selaku panitia F1 Powerboat.

Baca juga: Kabaharkam Polri pastikan persiapan event F1 Powerboat berjalan lancar

Keberadaan Trauma Center F1 Powerboat terbagi dua yakni, Track Medical Service (di bawah kendali MCO) dan Public Medical Service di bawah kendali Dinkes Toba dan Biddokkes Polda Sumut.

"Juga disiapkan tempat Instalasi Gawat Darurat (IGD) emergensi, mobil operasi lapangan, tiga unit ambulance dan dua helikopter yang disiagakan untuk membantu penanganan medis," ucap Panca.

Panca menyebutkan tujuan adanya lokasi Trauma Center apabila terjadi kecelakaan terhadap atlet F1 Powerboat saat menjalani pertandingan bisa secara cepat diberikan pertolongan.

Baca juga: Bandara Kualanamu matangkan pelayanan jelang F1 Powerboat

Ia mengungkapkan, terhadap atlet jika mengalami kecelakaan di air langsung dibantu oleh Tim UIM lalu dibawa ke lokasi evakuasi dan diterima Tim Medis Trauma Center di bawah kendali dr Steven Antonis dilakukan penilaian awal.

"Jika atlet itu memerlukan penanganan lebih lanjut akan di rujuk menggunakan helikopter evakuasi yang standby di Kantor Bupati Toba ke RSUP H Adam Malik untuk dilakukan penanganan lanjutan," katanya.

Kapolda menambahkan hasil pengecekan yang dilakukan bersama Injourney lokasi Trauma Center sudah siap memberikan bantuan penanganan medis apabila ada atlet F1 Powerboat yang cedera.

Baca juga: Kapolda Sumut cek dapur umum konsumsi personel PAM F1 Powerboat
Baca juga: Disbudparekraf Sumut gelar kegiatan meriahkan F1 Powerboat Danau Toba

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023