Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia (Iskindo) M Riza Damanik menilai nelayan kecil harus dilibatkan dalam hilirisasi perikanan karena industri perikanan sangat bergantung pada perikanan rakyat.

"Nelayan kecil harus jadi pelaku utama. Dengan posisi struktur ekonomi perikanan kota yang 96 persennya ada di nelayan kecil dan tradisional mustahil sektor hilir tumbuh kalau hulunya tidak sehat," katanya dalam diskusi Iskindo Innovation and Policy Forum di Jakarta, Senin.

Riza yang juga Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM bidang Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan itu menjelaskan Indonesia bisa mengambil pelajaran dari sejumlah negara yang telah berhasil melakukan hilirisasi perikanan seperti AS, China, Thailand atau Vietnam.

"Kalau kita lihat di dalam proses yang mereka lakukan, upaya untuk memperkuat nelayan kecil ini tidak boleh dikesampingkan. Bahkan Thailand memperkuat itu dalam kesatuan ekosistem usaha perikanan. Oleh karena itu mereka membekali dengan asuransi nelayan-nelayannya, begitupun China juga memberikan asuransi untuk nelayan dan kapalnya," imbuhnya.

Riza mengatakan Thailand atau Vietnam sama sekali tidak mempermasalahkan ukuran kapal dalam kebijakan perikanannya.

"Maka kalau kita tahu struktur ekonomi perikanan kita sangat bergantung pada nelayan kecil, maka kebijakan kita tentu harus memperkuat nelayan-nelayan kecil," katanya.

Pemerintah Indonesia sendiri telah memiliki instrumen perlindungan nelayan melalui UU No. 7 Tahun 2016 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan, Pembudi Daya Ikan, dan Petambak Garam. Riza mendorong terus dikawalnya implementasi UU tersebut untuk melindungi para nelayan kecil dalam kerangka hilirisasi sektor perikanan.

Ia menilai perlu ada keterhubungan untuk tetap memperkuat sektor hulu perikanan dalam upaya hilirisasi.

"China itu memberikan asuransi nelayan dan kapalnya, dan mereka menjadi eksportir ikan terbesar di dunia hari ini, produksinya juga sangat besar sekali. Tapi mereka tentu tidak meninggalkan nelayannya. Vietnam dan Thailand juga demikian. Ada keterhubungan-keterhubungan antara satu dengan yang lain. Jadi semangat di hilir ini menurut saya dalam rangka bagaimana kita memperkuat sektor hulunya, harus ditarik ke arah sana, tidak boleh parsial," ungkapnya.

Baca juga: Iskindo: Hilirisasi produk perikanan keniscayaan demi perkuat ekonomi
Baca juga: KKP: Ekonomi biru mampu tumbuhkan industri hilirisasi sektor perikanan
Baca juga: Kunjungi KEK Bitung, Bahlil bawa calon investor hilirisasi perikanan

 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023