Mahasiswa FKIP UMPR nantinya akan mengajar dan melaksanakan kegiatan manajerial di sekolah-sekolah di negara-negara Malaysia dan negara-negara di Asia Tenggara (ASEAN). ANTARA/Humas Umpr
Palangka Raya (ANTARA) - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (FKIP UMPR) dan Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Malaysia, menjalin kerja sama berupa magang mahasiswa internasional.

"FKIP UMPR dan Dubes RI untuk Malaysia telah bertemu dan membahas beberapa hal. Salah satunya terkait magang atau praktek lapangan mahasiswa FKIP UMPR di sekolah-sekolah yang ada di Malaysia," kata Dekan FKIP UMPR Kandidat Doktor Hendri MPd saat dihubungi via saluran telepon dari Kuala Lumpur, Senin.

Pembahasan kerja sama keduanya dilaksanakan saat Dekan FKIP UMPR melaksanakan kunjungan kerja ke Kedutaan Besar RI di Kuala Lumpur Malaysia. Pada kunjungan itu Dekan FKIP UMPR disambut langsung Dubes RI untuk Malaysia Hermono.

Hendri mengatakan, kerja sama magang ini merupakan salah satu kegiatan mahasiswa di ranah internasional. Mahasiswa FKIP UMPR nantinya akan mengajar dan melaksanakan kegiatan manajerial di sekolah-sekolah di negara-negara Malaysia dan negara-negara di Asia Tenggara (ASEAN).

“Sebelum pandemi COVID-19 kita rutin mengirimkan mahasiswa kita untuk magang ke Thailand Selatan. Saat ini kami kembali membuka akses untuk mahasiswa kita FKIP UMPR untuk kembali mendapatkan kesempatan melaksanakan magang di negara ASEAN seperti Malaysia dan Thailand," katanya.

Dekan FKIP UMPR ini mengatakan, magang internasional ini, salah satunya bertujuan menjadikan mahasiswa FKIP UMPR memiliki pengalaman yang berbeda selama perkuliahan, sehingga mampu bersaing di ranah internasional.

Dia mengatakan, FKIP UMPR pun terus melakukan pengembangan kerja sama dengan berbagai pihak baik dalam maupun luar negeri. 

Dekan FKIP UMPR Hendri juga melakuka lawatan ke sejumlah negara di Asia Tenggara dalam upaya membuka hubungan kerja sama penempatan kolaborasi mahasiswa-dosen diantaranya pemagangan.

"Kegiatan ini adalah salah satu bentuk program yang sejalan dengan program rektor tentang Gerakan Mahasiswa Relawan (GMR). Dalam hal ini kita bergerak di tingkat internasional," kata Hendri.

Sementara itu, saat ini FKIP UMPR memiliki empat program studi yaitu S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, S-1 Pendidikan Ekonomi, S-1 Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) dan S-1 Bimbingan dan Konseling (BK) dan S-2 Pendidikan Dasar.
Baca juga: UMPR hadirkan konsep perkuliahan kolaboratif
Baca juga: Pemprov Kalteng gandeng UMPR kembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif
Baca juga: UMPR-BEI Kalteng bentuk relawan pasar modal

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023