Makassar (ANTARA) - Sukarelawan Santri Dukung Ganjar (SDG) bergerak cepat dengan menyalurkan bantuan kemanusiaan terhadap korban penampungan banjir di Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

“Kami tentunya ikut prihatin atas bencana yang terjadi. Sebagai bentuk kepedulian antarsesama kami turun langsung menyalurkan bantuan kepada warga yang mengungsi,” ujar Koordinator Santri Dukung Ganjar Sulsel Ahmad Zulfikar di posko pengungsian Masjid Jabal Nur, Perumnas Antang Blok 10 Makassar, Senin.

Ahmad menuturkan sejak 13 Februari 2023, sebagian wilayah Kota Makassar dilanda banjir dan ratusan rumah berlindung termasuk ribuan warga mengungsi. Meski sebagian wilayah banjir sudah surut, namun beberapa lokasi masih terendam salah satunya di wilayah Antang .

Untuk bantuan yang disalurkan secara langsung kepada pengungsi, seperti makanan jadi, tikar, air minum, perlengkapan bayi termasuk pakaian layak yang langsung dibagikan kepada para penyintas.

"Kami berharap bantuan yang diberikan bisa bermanfaat dan meringankan beban bagi para warga yang terluka," tambah dia menambahkan.

Seorang pengungsi bernama Hamzinah (35), menyebutkan saat ini jumlah pengungsi di posko Masjid Jabal Nur yang didatangi SDGSulsel mencapai 219 jiwa.

“Masyarakat di sini mengungsi yang kami data 66 KK, yakni 219 orang yang terdiri dari orang dewasa, balita, bayi lansia, dan ibu hamil,” sebut
koordinator di posko pengungsian setempat.

Pengungsi lainnya, Endang (43) menuturkan sangat bersyukur bisa menerima bantuan tersebut dari anak-anak santri. Ia mengatakan, relawan Ganjar Pranowo sudah melakukan kebaikan kepada masyarakat yang sedang dilanda kesusahan.

"Terima kasih atas bantuannya. Insya Allah ini bernilai ibadah dan bermanfaat bagi kami. Sampaikan pesan kami kepada Pak Ganjar, pemimpin beliau yang baik dan beliau pemimpin yang dinantikan masyarakat," ujarnya.

Berdasarkan data BPBD Kota Makassar per 20 Februari 2023, jumlah penyintas (pengungsi) tercatat sebanyak 609 jiwa dengan 161 Kepala Keluarga tersebar di Kelurahan Manggala , Kecamatan Manggala dan di Kelurahan Katimbang serta Paccerakkang dengan sebaran 10 titik posko pengungsian.

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2023