Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai dengan angin kencang dalam beberapa hari terakhir menyebabkan genangan dan banjir serta pohon tumbang di beberapa wilayah di Makassar. Saat ini ada ratusan warga mengungsi
Makassar (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), menyebut sebanyak 482 jiwa dari 131 Kepala Keluarga (KK) telah mengungsi akibat banjir di Kecamatan Manggala dan Kecamatan Biringkanaya.

"Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai dengan angin kencang dalam beberapa hari terakhir menyebabkan genangan dan banjir serta pohon tumbang di beberapa wilayah di Makassar. Saat ini ada ratusan warga mengungsi," ujar Kepala BPBD Makassar Achmad Hendra Hakamuddin saat dikonfirmasi, Kamis.

Dari data sementara yang dihimpun per 18 Januari 2024 pukul 13.00 Wita, tercatat ada 482 orang dari 131 KK yang telah mengungsi ke sembilan posko pengungsian.

Lokasi banjir  yang merendam ratusan unit rumah dengan ketinggian air 40-60 sentimeter berada di Kelurahan Manggala, Kecamatan Manggala, pada Blok 8 dan 10 Perumnas Antang, Kompleks Pemda Antang, Kompleks Bambu, dan Nipa-nipa.

Baca juga: BPBD Makassar fokus pantau empat kecamatan langganan banjir 

Untuk ketinggian air di wilayah Jalan Kajenjeng, Kompleks Romang Tanggaya, mencapai  80-100 sentimeter, disusul Jalan Rahmatulla Bontoa hingga penyeberangan ke arah Romang Tanggaya setinggi 30-40 sentimeter.

Korban terdampak di lokasi itu mencapai 465 jiwa dari 127 KK dengan rincian 217 laki-laki dan 248 perempuan yang mengungsi pada delapan  posko pengungsian di sejumlah masjid setempat.

Sedangkan di Kecamatan Biringkanaya, Kelurahan Paccerakang tercatat ketinggian air mencapai 20-30 centimeter di Jalan Kotipa, Kompleks Kodam III dengan jumlah pengungsi sebanyak 17 jiwa dari empat KK dengan rincian delapan laki-laki dan sembilan perempuan kini berada di masjid setempat.

Sejauh ini, kata Hendra, upaya yang dilakukan adalah pemenuhan kebutuhan dasar untuk korban terdampak dan penyintas banjir dalam bentuk pangan, sandang, air, dan sanitasi, serta layanan kesehatan, oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui OPD, TNI-Polri, dan dukungan relawan, serta organisasi sosial lainnya.

Baca juga: Banjir masih merendam empat kecamatan di Kota Makassar

Selain itu bagi masyarakat, perusahaan, maupun organisasi, kata dia, dapat langsung menyerahkan bantuan kemanusiaan terhadap korban di lokasi yang terdampak.

Secara terpisah Kapolsek Manggala, Kompol Syamsuardi, yang sedang melaksanakan pemantauan lokasi banjir di Kompleks Perumnas Antang kepada wartawan menuturkan bahwa pihaknya terus bergerak mendata warga dan siap membantu melakukan evakuasi bila diperlukan.

"Kami terus mendata warga dan siap mengevakuasi. Bagi warga terdampak banjir masih tinggal di rumahnya agar segera menuju ke tempat pengungsian untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan. Kami polisi terus berpatroli untuk menjaga barang-barang yang ditinggalkan warga, jangan sampai ada kehilangan," tuturnya.

Baca juga: Akademisi Unhas paparkan penyebab dan solusi banjir di Makassar

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024