Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan Penghargaan Pelayanan Kategori Pelayanan Prima dan Predikat Pembangunan Zona Integritas di Lingkungan Polri Tahun 2022 yang diselenggarakan di Mabes Polri, Jakarta, Selasa.

Turut hadir dalam acara tersebut ialah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, beserta jajaran pejabat utama Polri, Ombudsman, dan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).

Dalam sambutannya, Listyo Sigit menyampaikan terima kasih kepada Ma'ruf Amin yang bersedia hadir di tengah kesibukannya dalam menjalankan tugas negara.

"Semoga melalui pemberian penghargaan ini menjadi penyemangat kami meningkatkan kualitas pelayanan publik Polri," kata Listyo Sigit di Jakarta, Selasa.

Dalam acara tersebut, Ma'ruf Amin dengan didampingi Azwar Anas dan Listyo Sigit akan menyerahkan penghargaan bagi 47 unit kerja Polri dengan berpredikat "Pelayanan Prima".

Baca juga: Kapolri: Polri tetap berkomitmen beri pelayanan terbaik

Sebagai informasi, pada pemberian penghargaan serupa tahun 2021, terdapat 27 unit kerja polri di tingkat polres, polresta, polrestabes, dan polres metro yang meraih predikat A atau "Pelayanan Prima".

Wapres Ma'ruf Amin juga hadir dalam pemberian penghargaan tahun lalu tersebut.

Dalam paparannya saat itu, Ma'ruf Amin mengatakan indeks pelayanan publik lingkup kepolisian di tahun 2021 termasuk dalam kategori B (baik) sebesar 3,67 persen. Indeks tersebut merupakan rata-rata dari nilai pelayanan SIM sebesar 3,78 persen dan layanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Secara umum, indeks pelayanan publik di lingkup Polri itu belum mengalami perubahan signifikan dibandingkan tahun 2020. Hal itu karena pandemi COVID-19 saat itu masih melanda dan terjadi penambahan lokus evaluasi sebanyak 101 polres.

Pada evaluasi tahun 2021, sebanyak 310 satuan wilayah polisi setingkat polres di 34 provinsi menjadi lokus evaluasi.

Baca juga: Polri komitmen berikan pelayanan terbaik bagi penyandang disabilitas

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023