Jakarta (ANTARA) - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) berkomitmen menjaga kepercayaan publik dengan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, mengabdi dan berdedikasi dalam menjalankan tugas.

Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri Irjen Pol. Sandi Nugroho, dikonfirmasi di Jakarta, Rabu, mengatakan peningkatan kepercayaan masyarakat kepada Polri merupakan hasil dari dedikasi dan kerja keras seluruh personel yang terus mengabadi dan melayani masyarakat.

“Polri akan melakukan langkah-langkah untuk memenuhi harapan masyarakat dan kami sangat terbuka dari saran, masukan dan kritik yang membangun demi terwujudnya institusi Polri yang presisi dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” kata Sandi.

Menurut jenderal bintang dua itu peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap Polri merupakan hasil dari upaya kolektif dalam membangun citra positif, transparansi, dan akuntabilitas yang tinggi.

Tentunya, lanjut dia, kepercayaan tersebut adalah amanah dari masyarakat yang akan terus kami jaga melalui upaya pembenahan berkelanjutan sesuai dengan target dan peta jalan program presisi Kapolri Jenderal pol. Listyo Sigit Prabowo.

“Kepercayaan ini penting, artinya masyarakat merasa lebih aman dan percaya bahwa Polri merupakan mitra strategis yang dapat diandalkan untuk menjaga keamanan ketertiban di masyarakat,” ujar Sandi.

Sejumlah lembaga survei nasional merilis tingkat kepercayaan publik terhadap Polri meningkat dibanding survei-survei sebelumnya.

Lembaga Survei Indonesia (LSI) menyatakan tingkat kepercayaan terhadap Polri kini menyentuh angka 65 persen.

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam konferensi pers secara daring, Selasa (11/7) menyebut, peningkatan kepercayaan publik terhadap Korps Bhayangkara tersebut dipandang karena Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo dengan tegas memerintahkan anak buahnya profesional menuntaskan kasus-kasus besar.

“Capaian ini tentu memberi angin segar sekaligus bentuk afirmasi publik terhadap ikhtiar Polri untuk terus berbenah,” kata Djayadi.

Tingkat kepercayaan publik terhadap Polri juga meningkat berdasarkan hasil survei Populi Center, Selasa (27/6).

Terdapat kenaikan angka kepercayaan yang signifikan terhadap Polri dari bulan Mei yakni sebesar 67 persen menjadi 72,7 persen pada bulan Juni. Kini, Polri termasuk ke dalam tiga lembaga dengan tingkat kepercayaan tertinggi, setelah TNI dan Presiden.

Survei Populi mengenai kepercayaan masyarakat terhadap lembaga negara mendapatkan hasil, yaitu TNI (85,7 persen), Presiden (80,1 persen) dan Polri (72,7 persen).

Demikian pula hasil survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan tingkat kepercayaan publik terhadap Polri telah pulih sejak kasus yang menimpa eks Kadiv Propam Polri Irjen Pol. Ferdy Sambo, dan kini mencapai 76,4 persen.

Baca juga: Anggota DPR sebut Polri berhasil jalankan evaluasi masyarakat

Baca juga: Survei Indikator: Kepercayaan publik ke Polri pulih


Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023