Jakarta (ANTARA) - Dewan Guru Pengurus Pusat Institut Karate-Do Indonesia (PP Inkai) menyatakan pelaksanaan Musyawarah Keluarga Besar (MKB) di Ciawi, Kabupaten Bogor, 17-19 Februari yang agenda utamanya pemilihan ketua umum berjalan sesuai dengan AD/ART organisasi. 

Dalam MKB tersebut diputuskan Laksda TNI Ivan Yulivan kembali mepimpin PP Inkai periode 2023-2027 setelah terpilih secara aklamasi oleh pemilik suara dalam hal ini pengprov termasuk Dewan Guru.

​​​​​​Anggota Dewan Guru PP Inkai, Shihan Erry Sadewo dalam keterangan resmi yang diterima media di Jakarta, Selasa kegiatan MKB sudah sesuai AD/ART organisasi karena semua proses tahapan dilalui secara benar berdasarkan aturan dan tata tertib yang berlaku dan disepakati bersama.

"Saya bersama anggota Dewan Guru yang lain mengikuti acara mulai dari pembukaan sampai penutupan MKB 2023, semuanya berjalan lancar dan tidak melanggar AD/ART. Sebagai pemegang mandat dari Ketua Dewan Guru Shihan Harmen Lukas Tompodung secara tertulis, saya memastikan tidak ada persoalan-persoalan selama MKB berlangsung. Kalau di luar ada persoalan kecil, itu biasa, biarkan saja burung berkicau," kata Erry Sadewo.

Erry Sadewo juga memastikan kalau Dewan Guru dan PP Inkai tetap solid, sejak sebelum MKB 2023 digelar hingga saat ini.

Menurut dia, di lembaga Dewan Guru PP Inkai terdapat 15 anggota dan pihaknya memberikan klarifikasi terkait soliditas Dewan Guru PP Inkai, mengingat ada kelompok yang tidak puas dengan hasil MKB 2023.

Pada saat pendaftaran hingga penutupan, ada dua calon yang masuk yakni petahana Laksda TNI Ivan Yulivan dan Ketua Pengprov Inkai DKI Jakarta Herianto Syahputra. Namun, setelah melalui verifikasi secara faktual, Ivan Yulivan dinyatakan lolos administrasi sedangkan Herianto tak memenuhi syarat lantaran hanya diusung tujuh pengprov.

Akhirnya, Ivan Yulivan terpilih secara aklamasi dan berhak memimpin PP Inkai untuk periode 2023-2027. Hanya saja, pendukung Herianto kurang puas dengan hasil MKB karena jagoannya tidak lolos dalam pemilihan dan bahkan membentuk Komite Penyelamat Inkai (KPI).

Terkait rundown MKB, lanjut Erry, seluruh pemilik suara (Pengprov Inkai) juga sudah mendapatkannya. Contoh, pemilihan ketua umum dilakukan pada hari pertama MKB dilanjutkan sidang-sidang komisi di hari berikutnya.

"Semua sudah disahkan dalam tatib dan disetujui atau ditetapkan dalam sidang paripurna. Dengan demikian seluruh rangkaian acara MKB termasuk pemilihan ketua umum tidak melanggar AD/ART. Semua sudah sesuai AD/ART dan mekanisme yang berlaku," katanya.

MKB Inkai 2023 diikuti 32 pengurus provinsi (pengprov) dari 34 pengprov yang ada. Para Dewan Guru juga turut hadir termasuk Dewan Guru Madya serta pendiri Inkai, Shihan Nico Lumenta.

MKB 2023 dibuka Sekjen PB FORKI Raja Sapta Ervian dan turut dihadiri Wasekjen KONI Pusat Sadiq Algadri, Bidang Organisasi PB FORKI Yusran Arief dan Hartono, Ketua Umum PP Inkai Laksda TNI Ivan Yulivan, Waketum PP Inkai Benny Rianto dan Elrick Macruf dan Sekjen PP Inkai Puang Syamsudin.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023