warga lebih banyak tertarik dengan bidang non teknik karena aplikasinya lebih mudah dan tidak membutuhkan banyak alat
Jakarta (ANTARA) - Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) Kota Administrasi Jakarta Selatan kembali menyelenggarakan pelatihan kerja beragam kejuruan secara gratis untuk angkatan pertama di bulan Februari 2023.

"Kami menyediakan 22  pelatihan kejuruan yang terdiri dari program reguler dan mobile training unit (MTU) sesuai minat," kata Kasatpel Pelatihan dan Uji Kompetensi PPKD Jakarta Selatan Muhammad Rifki saat dihubungi, di Jakarta, Selasa.

Rifki menuturkan jumlah peserta 20 orang per kejuruan dan maksimal 80 orang pendaftar per angkatan yang lebih ditekankan dalam praktik kerja.

Dia menjelaskan program pelatihan reguler yakni pelatihan yang yang dilaksanakan secara tatap muka di kantor PPKD Jakarta Selatan.

Pelatihan reguler ini terdiri dari pilihan kejuruan seperti otomotif roda empat, sepeda motor, teknik pendingin, tata busana, tata boga, tata graha, desain grafis, dan teknik komputer.

"Lalu ada operator komputer, Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, barista, dan multimedia," tambahnya.

Kemudian, ada juga program mobile training unit (MTU) berdasarkan permintaan warga termasuk tempat dan peserta yang menyediakan lokasi memadai.

Kejuruan MTU terdiri dari desain grafis, operator komputer, tata boga, tata busana, tata rias, teknik pendingin, teknik komputer, teknik las, dan sepeda motor.

Dari sejumlah kejuruan dari program reguler maupun MTU, menurut Rifki, warga lebih banyak tertarik dengan bidang non teknik karena aplikasinya lebih mudah dan tidak membutuhkan banyak alat.

"Untuk yang tertarik mendaftar minimal berusia 17 tahun, memiliki KTP Jakarta, dan sudah vaksin COVID-19 lengkap," jelasnya.
.
Para calon peserta bisa membaca profil kejuruan yang diinginkan melalui https://bit.ly/DashboardPelatihan atau datang langsung ke kantor PPKD Jakarta Selatan, Jalan Buncit Raya Nomor 440.

Proses seleksi terdiri dari administrasi dan wawancara yang pengumumannya akan diinformasikan di grup WhatsApp sesuai kejuruan dan grup telegram khusus seleksi.

Baca juga: Jakbar siapkan mobil khusus untuk pelatihan kerja keliling
Baca juga: Pemkot Jakut dan KCN sinergi latih keterampilan warga Rawa Malang
Baca juga: Kader posyandu Jaksel dapat pelatihan antropometri

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023