Jakarta (ANTARA) - Penyakit yang paling banyak dialami oleh kucing kampung adalah infeksi saluran kemih dan gangguan pencernaan, kata Andrian Donny selaku Vet Pillar Head of Royal Canin Indonesia.

"Penyakit yang paling banyak diderita (oleh kucing kampung) berdasarkan data kami adalah gangguan perkemihan. Kedua itu adalah gangguan pencernaan yang salah satu gejalanya adalah muntah dan diare," kata Donny saat dijumpai di kantor Royal Canin, Jakarta Selatan, Selasa.

Dokter hewan sekaligus Corporate Affairs Manager PT Royal Canin Indonesia Novi Wulandari menjelaskan bahwa kucing bisa terkena infeksi saluran kemih akibat  infeksi dari luar atau masalah metabolisme tubuh yang kurang baik.

Penyebab lain adalah kucing kurang minum. Umumnya, kucing enggan minum dari tempat yang kotor.

Oleh sebab itu jika ingin membantu kucing yang sakit, tidak cukup hanya dengan memberi makanan yang bernutrisi. Obat dan suplemen juga penting untuk memulihkan kembali kondisi kucing.

“Kalau di royal canin itu kita percaya bahwa pendekatannya itu secara menyeluruh. Misalnya tidak hanya tentang nutrisi tapi juga bagaimana layanan medisnya. Misalnya obat-obatan dan suplemennya,” kata Donny.

Disarankan juga untuk mencari tahu sumber penyakit agar tidak kambuh di masa yang akan datang.


Baca juga: Tips menjaga kesehatan "anabul" saat musim pancaroba

Baca juga: Kampanye adopsi hewan lewat kencan Valentine

Baca juga: Bukan hanya manusia, hewan peliharaan pun mendapat pemberkatan


Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2023