Kami berusaha bekerja sama dengan relawan pajak untuk memberikan service excellent.
Surabaya (ANTARA) - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Timur I (Kanwil DJP Jatim I) mengukuhkan sebanyak 272 Relawan Pajak Surabaya Raya dari kalangan mahasiswa dan non-mahasiswa di Surabaya, Kamis.

Kepala Kanwil DJP Jatim I, PM John L Hutagaol mengatakan 272 relawan tersebut terdiri dari 260 relawan dari kalangan mahasiswa pada 18 tax center perguruan tinggi, dan 12 relawan pajak dari non-mahasiswa.

"Kami berusaha bekerja sama dengan relawan pajak untuk memberikan service excellent, sehingga wajib pajak dengan senang hati bersama-sama menjalankan kewajiban perpajakannya dengan baik dan benar untuk melaksanakan pembangunan Indonesia ke depan," ujar John L Hutagaol.

Relawan pajak bertugas membantu melakukan asistensi kepada Wajib Pajak Orang Pribadi yang menggunakan formulir SPT Tahunan 1770 (khusus untuk wajib pajak yang melaksanakan kewajiban perpajakan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2018), 1770 S dan 1770 SS yang melaporkan SPT melalui e-Filing.

Selanjutnya dapat membantu dalam penyampaian informasi atau materi perpajakan kepada wajib pajak sebagai narasumber, pendamping dan/atau pendukung pembuatan materi penyuluhan perpajakan.

Adapun 18 tax center terdiri dari tax center pada Universitas Airlangga, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Politeknik Universitas Surabaya, Universitas Ciputra, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Universitas Kristen Petra, Universitas Wijaya Kusuma, dan Universitas Pelita Harapan.

Kemudian Universitas Dr Soetomo, Universitas NSC Surabaya, Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Universitas Hayam Wuruk, STIE Mahardhika, dan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Universitas Katolik Darma Cendika, dan Universitas Terbuka Surabaya.

Program relawan pajak untuk wilayah Surabaya akan berlangsung mulai tanggal 20 Februari 2023 sampai dengan tanggal 30 September 2023, dimana relawan pajak akan didayagunakan dan ditempatkan pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya dan Pratama di lingkungan Kanwil DJP Jatim I.
Baca juga: Ratusan relawan pajak bantu DJP Bali asistensi "e-filing"

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023