Kegiatan relawan pajak merupakan kegiatan yang berkesinambungan.
Serang (ANTARA) - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Banten resmi menutup program relawan pajak tahun 2023, di Aula Krakatau, Kanwil DJP Banten, Kota Serang, Selasa.
 
Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Banten Mokh Solikhun, di Serang, mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi Kanwil DJP Banten terhadap seluruh relawan pajak yang telah membantu Kanwil DJP Banten dalam menyukseskan penerimaan SPT Tahunan tahun pajak 2022.
 
"Tahun 2023 menjadi tantangan baru bagi kita semua, khususnya pascapandemi COVID-19 yang bersamaan dengan kegiatan relawan pajak," katanya pula.
 
Kegiatan relawan pajak tahun 2023 ini telah berlangsung mulai tanggal 1 Maret 2023 sampai dengan 30 September 2023 yang diikuti oleh 20 perguruan tinggi. Adapun jumlah peserta relawan pajak sebanyak 147 relawan pajak non mahasiswa dan 529 relawan pajak mahasiswa.
 
Penutupan relawan pajak dilaksanakan secara hybrid dan dihadiri oleh para praktisi dan akademisi, para pembina tax center, para ketua dan pengurus tax center, dan seluruh relawan pajak.
 
"Saya mewakili Kakanwil DJP Banten menyampaikan apresiasi kepada seluruh relawan pajak, karena telah menunjukkan ketahanan dan kemampuan adaptasi yang luar biasa dalam menghadapi situasi pandemi," katanya.
 
Menurutnya, keberadaan relawan pajak telah berkontribusi dan berdedikasi nyata dengan melakukan asistensi SPT Tahunan di KPP lingkungan Kanwil DJP Banten, sosialisasi mandiri di perguruan tinggi masing-masing, dan penyebarluasan konten edukasi maupun kehumasan DJP yang sangat luar biasa.
 
"Kegiatan relawan pajak merupakan kegiatan yang berkesinambungan. Relawan pajak yang berperan dalam proses pendampingan pengisian SPT Tahunan dan penyebarluasan pengetahuan perpajakan akan terus berlanjut walaupun kegiatan tahun 2023 secara resmi telah ditutup," katanya lagi.
 
Solikhun mengatakan, kepatuhan wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya akan memberikan kontribusi bagi meningkatnya penerimaan dari sektor perpajakan, yang merupakan tulang punggung penerimaan negara.
Baca juga: Ratusan relawan pajak bantu DJP Bali asistensi "e-filing"
Baca juga: DJP Jatim I mengukuhkan 272 Relawan Pajak Surabaya

Pewarta: Desi Purnama Sari
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023