Makassar (ANTARA) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sulawesi Selatan berharap sandarnya Kapal Pesiar MS Silver Muse yang membawa ratusan wisatawan menjadi momentum kebangkitan pariwisata Sulsel usai pandemi COVID-19.

"MS Silver Muse merupakan kunjungan kapal pesiar pertama yang masuk (sandar) ke Makassar pasca pandemi COVID-19. Kapal ini membawa wisatawan asing sebanyak 547 orang," ujar Sekretaris Disbudpar Sulsel Devo Khaddafi di Makassar, Kamis.

Ia mengatakan, meski kapal MS Silver Muse hanya bersandar di pelabuhan Makassar sekira delapan hingga sembilan jam, namun sudah berhasil dimaksimalkan untuk memperkenalkan berbagai destinasi unggulan Sulsel.

Pihaknya bersama pihak berkepentingan sengaja menyesuaikan waktu sandar MS Silver Muse dengan menyiapkan beberapa lokasi kunjungan yang memungkinkan didatangi di Makassar, Gowa dan Kabupaten Maros.

Baca juga: Kapal MS Silver Muse turunkan 547 wisman di Makassar

Baca juga: Kapal pesiar Star Breeze berbendera Bahama sandar di Kupang


Lokasi-lokasi yang sempat dikunjungi penumpang MS Silver Muse itu seperti Benteng Fort Rotterdam, Pelabuhan Poetere Makassar, Air Terjun Bantimurung, Maros dan Benteng Somba Opu Gowa.

"Ratusan wisatawan asing yang umumnya berasal dari Eropa itu kita bawa ke beberapa lokasi yang memang jaraknya dekat," ujarnya.

Setelah mengunjungi sejumlah destinasi unggulan di Sulawesi Selatan, para turis selanjutnya melanjutkan perjalanan wisata di Indonesia dengan mengunjungi Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sesuai jadwal, para wisatawan kembali melanjutkan perjalanan ke Selandia Baru. Wisatawan mancanegara dari berbagai negara, termasuk Selandia Baru, Australia, Belanda, dan Prancis, akan turut serta dalam perjalanan tersebut.*

Baca juga: Bea Cukai Periksa Kedatangan Dua Kapal Pesiar dari Singapura

Baca juga: 261 wisatawan Eropa kunjungi bangunan bersejarah di Kota Probolonggo


Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023