Medan (ANTARA) - Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman dan Investasi Indonesia (Marves), Luhut Binsar Panjaitan mengaku bangga terhadap kinerja Polda Sumut dan Kodam I Bukit Barisan dalam mengamankan kegiatan F1 Powerboat, Lake Toba 2023.

"Untuk itu, saya mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Sumut Irjen Pol. RZ Panca Putra Simanjuntak, Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Daniel A Chardin, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, serta seluruh pihak tanpa kenal lelah dalam mengamankan dan menyukseskan F1 Powerboat di Kota Balige," ucap Luhut, saat meninjau dimulainya F1 Powerboat, Jumat.

Luhut mengungkapkan, kalau seluruh keperluan maupun kesiapan F1 Powerboat Lake Toba sudah terpenuhi. Ia pun berharap kegiatan F1 Powerboat ini bisa membuat bangga Bangsa Indonesia

"Saya sudah lihat tadi, dari sisi pengamanan, kesehatan dan sebagainya semua sudah tersedia," ucapnya.

Pada kesempatan itu, Luhut pun tidak menyangka kalau dunia bisa menyaksikan keindahan Danau Toba. Menurutnya, terlaksananya kegiatan F1 Poweboat di Kota Balige Kabupaten Toba selama tiga hari sejak 24-26 Februari 2023 menjadi kebanggaan warga Sumatera Utara, Indonesia.

"Tak terbayangkan sebelumnya kalau dunia bisa menyaksikan keindahan Danau Toba melalui F1 Powerboat secara live ditonton oleh 180 juta jiwa. Dan Indonesia saat ini jadi perbincangan dunia karena mampu menyelenggarakan event bertaraf internasional," jelasnya.

Luhut menambahkan sekaligus berkeinginan agar kegiatan F1 Powerboat ini bisa terus dilaksanakan selama lima tahun ke depan di Kota Balige.

"Pihak H2O Racing selaku promotor juga bangga dengan Indonesia khususnya Sumatera Utara yang bisa melaksanakan kegiatan ini di Danau Toba dengan aman dan nyaman," katanya.

Baca juga: Polda Sumut pasang lebih 60 CCTV amankan F1 Powerboat di Balige

Baca juga: Kemkominfo sediakan dua lokasi media center di F1 Powerboat 2023

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023