Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani meminta masyarakat jangan tergoda rayuan sindikat penempatan ilegal untuk PMI.

"Jangan ikut godaan calo atau sindikat untuk bekerja sebagai PMI. Kalau ikut program pemerintah akan mendapat jaminan, serta tidak akan diperlakukan jahat dan kasar, seperti PMI yang diberangkatkan secara ilegal," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta.

Hal itu disampaikan Benny dalam sosialisasi penempatan dan pelindungan PMI di Desa Mekarjaya, Pacet, Kabupaten Bandung, Jumat.

Selain itu, dia juga meminta agar peserta sosialisasi mendorong semangat diseminasi informasi tentang peluang kerja ke luar negeri. Menurut dia, diseminasi informasi tersebut sangat penting, agar masyarakat tahu apa itu sindikat penempatan ilegal PMI, dan tidak menjadi korban.

Benny juga meminta generasi muda untuk tidak menyia-nyiakan masa mudanya. Ia mendorong para pemuda untuk mencari peluang kerja agar bisa mandiri, dan memastikan bahwa BP2MI siap memfasilitasi masyarakat yang ingin mengambil peluang kerja ke luar negeri.

Dia juga mengajak para PMI dan masyarakat mengubah persepsi tentang PMI yang selama ini berkembang. Menurut dia, PMI merupakan orang-orang istimewa, tidak boleh diremehkan, bahkan saat ini telah mendapat predikat sebagai pahlawan devisa Indonesia.

"Mari kita ubah persepsi tentang PMI yang dulu dianggap tidak istimewa, diremehkan, sekarang boleh tidak lagi. Perubahan persepsi juga sudah kami lakukan melalui kerja konkrit, dan berbagai terobosan yang berpihak pada PMI," katanya menegaskan.

Selain itu, dirinya tidak pernah segan untuk 'blusukan' atau menemui para PMI secara langsung. Ia pun meyakini, pertemuan dan dialog yang dilakukan dengan para PMI dan masyarakat akan membawa dampak besar terhadap perubahan pola pikir.

Bertemu langsung PMI kata dia, merupakan langkah penting bagi lembaga yang dipimpinnya. Sebab, melalui kegiatan tersebut dirinya dapat mengetahui secara langsung tentang perkembangan yang terjadi di desa, serta memahami seluruh persoalan yang dikeluhkan masyarakat.

"Perubahan terhadap citra PMI, harus dimulai dari perubahan paradigma, dan kerja yang berpihak pada pekerja migran. Dengan begitu, semua program bisa berjalan lancar," harapnya.

Pewarta: Fauzi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023