Tangerang (ANTARA) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tangerang Banten meluncurkan Program English Day yang ditunjukkan untuk pelajar SD dan SMP sehingga ketika lulus sudah bisa berkomunikasi dengan Bahasa Inggris.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Jamaluddin di Tangerang, Jumat, mengatakan penerapan english day mulai dilaksanakan tahun ini. Nantinya setiap sekolah akan menetapkan satu hari tertentu berkomunikasi dengan  Bahasa Inggris.

"Program ini untuk SD dan SMP negeri maupun swasta. Kurikulum sedang disiapkan dan untuk SD telah selesai. Para guru juga sedang disiapkan," katanya dalam acara di Puspemkot Tangerang.

Jamaluddin juga mengatakan selain memfokuskan pada Bahasa Inggris, para murid juga akan dilatih untuk keterampilan teknologi informasi.

"Nanti akan kami berikan pelatihan-pelatihan dan persiapan yang matang untuk para guru. Selain bahasa Inggris, nanti juga para murid akan kami berikan pelatihan IT. Nanti akan ada coding, media sosial, dan sebagainya. Sehingga, anak-anak nanti ketika sudah lulus sekolah sudah memiliki keterampilan dan keahlian di bidang teknologi informasi dan Nahasa Inggris," lanjutnya.

Baca juga: Kupang canangkan program "English day" bagi guru

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan Pemkot terus berupaya memberikan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan zaman agar generasi penerus bisa bersaing secara global.

"Ada pelatihan coding dan juga komputer, semoga bisa membawa manfaat," pungkas wali kota.

Perwakilan murid SMPN 1 Kota Tangerang, Nesya Sausan Putri dan Rasya Rachmadi yang berkesempatan untuk melakukan podcast bersama Wali Kota Tangerang dengan Bahasa Inggris mengaku senang dan menjadi pengalaman yang sangat berharga.

"Pastinya senang dan cukup tegang. Tapi, ini kesempatan yang tidak datang setiap harinya. Jadi, cukup bangga juga. Tadi, kami membahas apa momen-momen yang tidak dilupakan Bapak Wali Kota selama sekolah dan banyak lagi," ucapnya.

Baca juga: 1.000 guru Bahasa Inggris SMK ikuti lokakarya guna hadapi pasar global

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023