Qingdao (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping didampingi istri Peng Liyuan menerima kunjungan kenegaraan Raja Kamboja Norodom Sihamoni beserta ibu suri Norodom Monineath Sihanouk di Beijing, Jumat.

Xi menyatakan bahwa hubungan diplomatik China-Kamboja yang berlangsung selama 65 tahun tidak lekang oleh perubahan situasi global.

"Hal ini karena persahabatan mendalam yang dibina oleh generasi pemimpin China terdahulu dan mantan Raja Norodom Sihanouk," kata pemimpin tertinggi Partai Komunis China (CPC) itu.

Pada 2020, China menganugerahkan Medali Persahabatan kepada ibu suri yang menurut Xi sebagai bentuk terima kasih atas kontribusinya dalam menjaga persahabatan China-Kamboja.

"Kita telah mengambil alih tongkat estafet agar persahabatan yang erat antara kedua negara bisa terus diwariskan dari generasi ke generasi dan menapaki babak baru komunitas China-Kamboja menatap masa depan bersama," katanya.

Sementara itu, Raja Sihamoni beserta istri sangat kagum dan bangga atas pembangunan yang telah dicapai China.

"Kamboja mengapresiasi Prakarsa Sabuk Jalan dan konsep pembangunan komunitas bersama," ucapnya.

Pihaknya siap meningkatkan kerja sama dengan China di berbagai bidang dan mewariskan persahabatan kedua negata dari generasi ke generasi. 

Baca juga: Presiden China Xi Jinping bertemu PM Kamboja Hun Sen
Baca juga: Xi Jinping bertemu Hun Sen peringati 65 tahun hubungan diplomatik
Baca juga: Kamboja sambut turis asal China


Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2023