Sorong (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tambrauw, Provinsi Papua Barat Daya merencanakan pembangunan industri perikanan modern di Kampung Waibem, Distrik Sausapor.

Penjabat Bupati Tambrauw Engelbertus Kocu di Sorong, Sabtu, mengatakan rencana pembangunan industri perikanan modern ini sudah lama digaungkan, namun terkendala infrastruktur penunjang yang belum memadai sehingga komitmen tersebut belum terwujud.

"Kami sudah melaksanakan rapat koordinasi teknis pembahasan usulan terkait pembangunan sarana dan prasarana industri perikanan modern bersama Kementerian Koordinator Kemaritiman dan investasi," kata Kocu usai saat mengikuti rapat koordinasi secara daring bersama jajaran Kemenko Marves di Kota Sorong.

Ia mengakui potensi perikanan tangkap di wilayah Kabupaten Tambrauw sangat besar untuk dikembangkan guna menunjang Pendapatan Asli Daerah dan peningkatan ekonomi masyarakat setempat.

"Potensi ada, tinggal bagaimana kita melakukan koordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait untuk membantu menyiapkan pembangunan infrastruktur guna menunjang pembangunan industri perikanan modern," ujarnya.

Asisten Deputi Kemenko Marves Dedy Miharja mengakui bahwa potensi perikanan di wilayah perairan Kabupaten Tambrauw sangat melimpah.

"Potensi ini perlu mendapat dukungan dan didorong dengan berbagai upaya sehingga potensi itu bisa terekspos secara baik dan maksimal," ujarnya.

Menurut dia, hasil rapat koordinasi sebagai upaya mendukung pembangunan potensi perikanan di Kabupaten Tambrauw harus ditindak-lanjuti sehingga pembangunan infrastruktur di wilayah Tambrauw segera direalisasikan.

Menurutnya, pembangunan industri perikanan modern sangat membutuhkan beberapa faktor pendukung seperti peningkatan pembangunan pelabuhan, suplai listrik dan air bersih, serta akses jalan.

"Ini semua ada di kementerian dan lembaga terkait, tinggal bagaimana Pemerintah Kabupaten Tambrauw melakukan pendekatan sehingga rencana pembangunan industri perikanan modern bisa berjalan sesuai dengan target," jelasnya.

Baca juga: Menteri Trenggono sebut empat komoditas laut jadi unggulan Indonesia

Baca juga: Menteri KP dorong transformasi pelabuhan perikanan lebih higienis dan modern

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023