Palangka Raya (ANTARA) - Seorang mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR) berhasil lolos untuk mengikuti ajang Asia Pacific Top Leadership Retreat yang digelar di Singapura pada Maret 2023.

"Mahasiswa kami yang lolos ke acara yang digelar di Singapura pada 6-9 Maret mendatang itu adalah Tomy Aditya Wiguna, mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Negara," kata Wakil Dekan 2 Fisipol UMPR Noor Asiah MAP di Palangka Raya, Senin.

Tomy merupakan 20 dari 45 mahasiswa terbaik di Asia Pasifik yang mengikuti dan berpartisipasi dalam program pembentukan gagasan, ide, serta wawasan dari delegasi koordinator masing-masing negara.

Baca juga: Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palangka Raya lolos ke Spanyol

"Hal yang akan disampaikan pada kegiatan itu terkait hak asasi individual masyarakat disertai juga mengangkat bahasan isu-isu sosial terkait kebebasan individual dan pemenuhan terhadap kebebasan individu itu sendiri," katanya.

Tomy dinyatakan lolos di posisi kelima atau top lima di Asia Pasifik dan menjadi salah satu delegasi Indonesia. Tomy mewakili UMPR untuk mengikuti program itu di Singapura.

Asia Pacific Top Leadership Retreat (APTLR) merupakan acara tahunan untuk memberikan pembelajaran kepada mahasiswa, terutama yang memiliki kemampuan, kompetensi, dan siap bersaing di era kontemporer dalam skala internasional.

Baca juga: FKIP UMPR tempatkan mahasiswa magang di Kedubes RI di Malaysia

"Kami bangga. Semoga dapat memotivasi kawan-kawan untuk go international," katanya.

Di sisi lain, dalam upaya memberikan kesempatan mahasiswa untuk go international, Fisipol UMPR juga telah membuka kesempatan magang internasional.

Penempatan mahasiswa magang internasional itu di Malaysia, yakni di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Johor Bahru, dan KJRI Kinabalu.

Baca juga: UMPR ajak siswa Kalteng go internasional

Selain magang internasional, Fisipol UMPR juga membuka kesempatan magang penempatan nasional. Lokasinya di Jakarta, yakni OJK, DPR RI, LKBN ANTARA, Ombudsman RI, RRI, dan TVRI.

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023