Surabaya (ANTARA) - PT PAL Indonesia meraih penghargaan pada kategori "Best of The Best Electrical Support Company" dalam ajang Indonesia Best Electricity Award (IBEA) 2023 sebagai perwujudan sektor kelistrikan Nasional.

COO PT PAL Indonesia Iqbal Fikri dalam keterangan tertulisnya di Surabaya, Senin, mengatakan, penghargaan untuk yang kedua kalinya tersebut adalah sebuah apresiasi yang luar biasa bagi pihaknya dalam bidang energi terutama Kelistrikan Nasional.

"Penganugerahan IBEA 2023 merupakan bukti nyata bahwa PAL tidak hanya unggul dalam bidang industri galangan kapal, namun juga di bidang Rekayasa Umum dan Engineeringnya," kata dia.

Saat ini, lanut dia, PAL tengah menunjukkan eksistensinya kembali untuk mendukung kebutuhan energi nasional dengan pembangunan Barge Mounted Power Plant batch #2.

Tak hanya itu, menurut Iqbal, PAL tengah mengembangkan Self- propelled Jack-up Power Barge.

Baca juga: Bea Cukai Jawa Timur I Beri Izin Fasilitas KITE Kepada PT. PAL Indonesia

"Selain itu kita melakukan kajian dan pengembangan pasar bersama potential partner dalam bisnis Energi Baru Terbarukan (EBT) yaitu Geothermal, Tenaga surya, Sea Wave dan Tidal," kata dia.

Menurut Iqbal, hal tersebut sesuai dengan komitmen pemerintah dalam penurunan emisi hingga 29 persen pada 2030.

"Dan telah menetapkan target produksi energi sebesar 23 persen yang berasal dari EBT pada tahun 2025," kata dia.

Oleh karena itu, PAL mengikuti dua kategori penghargaan, yaitu Innovation Electricity Company dan Electrical Supporting Company.

"Hal tersebut sejalan dengan visi PT PAL Indonesia menjadi perusahaan konstruksi di bidang maritim dan energi berkelas dunia," ujar dia.

Baca juga: PT PAL: KBRS dr Radjiman Wedyodiningrat setara RS tipe C plus

Partisipasi PT PAL Indonesia pada ajang penghargaan IBEA 2023 ini diharapkan bisa menjadi motivasi untuk terus melakukan peningkatan dan optimalisasi bauran energi dan inovasi teknologi.

Dengan begitu, PT PAL sebagai pelopor industri manufaktur menuju era global green energy hingga bisa menguatkan iklim investasi dan kemandirian energi nasional.

"PT PAL siap berkontribusi terhadap program nasional ini dan bersinergi dengan PLN Group dan perusahaan pembangkit IPP lainnya," kata Iqbal.
 

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023