masyarakat miskin bisa mengajukan atau menyampaikan diri masuk menjadi anggota BPJS Kesehatan melalui DPMDSos Barito Timur
Tamiang Layang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah pada tahun 2023 menganggarkan Rp21,33 miliar untuk membiayai kesehatan masyarakat miskin di wilayah setempat.

“Dana tersebut untuk membayar iuran BPJS Kesehatan bagi masyarakat miskin,” kata Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas di Tamiang Layang, Selasa.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Barito Timur bisa menjamin kesehatan warga miskin 27.445 jiwa warga miskin dengan anggaran dana Rp21,33 miliar dengan estimasi pembayaran ke BPJS Kesehatan Rp1,7 miliar per bulan.

Ampera menambahkan, anggaran masih tersisa sebesar Rp9 miliar. Untuk itu, Ampera meminta masyarakat miskin bisa mengajukan atau menyampaikan diri untuk masuk menjadi anggota BPJS Kesehatan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (DPMDSos) Barito Timur.

Dijelaskan Ampera, BPJS Kesehatan sangat membantu masyarakat miskin. Dia mencontohkan seperti saat ada warga melahirkan atau biaya berobat karena sakit kritis. Jika biaya melahirkan atau sakit dan diambil tindakan operasi maka biaya yang akan dikeluarkan akan lebih besar, tetapi dengan BPJS Kesehatan maka akan dibiayai pemerintah jika itu warga tidak mampu.

"Kami juga meminta warga yang memiliki kemampuan bisa mengikuti BPJS Kesehatan secara mandiri dengan mengambil kelas III, dengan biaya Rp35.000 per orang,” kata Ampera.

Orang nomor satu di Pemerintah Kabupaten Barito Timur itu mencontohkan, semisal dalam satu kepala keluarga ada empat jiwa dikali Rp35.000 maka satu bulan biaya yang dikeluarkan Rp140.000 atau Rp1,68 juta per tahun. Namun jika melahirkan anak dengan operasi maka biaya normal yang harus dibayar bisa mencapai hingga Rp15 juta.

“Jadi, menjadi peserta BPJS Kesehatan sangat membantu," kata Ampera AY Mebas.
Baca juga: Pemkab Barito Timur upayakan penyediaan statistik sektoral mutakhir
Baca juga: Barito Timur adakan festival berburu ikan untuk lestarikan budaya
Baca juga: Pemkab Barito Timur tanam rumput gelagah jaga kelestarian ikan

Pewarta: Kasriadi/Habibullah
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023