Jakarta (ANTARA) - Pakar pendidikan dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof Agus Sartono mengingatkan bahwa orang tua harus menjadi teladan agar anak-anaknya gemar membaca.

"Perlu pembiasaan dan teladan dari orang tua agar anak-anak mereka gemar membaca," kata Agus Sartono saat dihubungi dari Jakarta, Selasa.

Agus Sartono yang pernah menjabat sebagai Deputi bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) itu menambahkan orang tua harus memiliki perhatian terhadap minat baca anak.

"Minat baca ini penting guna mendukung pembelajaran anak dan meningkatkan ilmu pengetahuan serta wawasan anak," katanya.

Baca juga: Sosiolog: Hari buku momentum dorong siswa gemar membaca

Baca juga: Duta Baca: Orang tua bantu anak gemar membaca


Menurutnya, orang tua memiliki peran yang sangat besar untuk mendukung pendidikan anak mereka.

"Dengan demikian, orang tua jangan menyerahkan tanggung jawab pendidikan sepenuhnya kepada guru di sekolah," katanya.

Guru Besar Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM itu menambahkan orang tua bisa meluangkan waktu untuk membaca buku bersama anak-anak mereka. "Misalkan, duduk bersama di ruang keluarga untuk membaca bersama anak dan berdiskusi bersama," katanya.

Orang tua, kata dia, juga perlu mendorong anak membaca dan menceritakan kembali apa yang sudah dibaca.

Sementara itu, Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menyatakan bahwa orang tua berperan penting dalam menumbuhkan minat baca anak sejak usia dini.

Baca juga: Tumbuhkan minat baca anak-anak dengan membaca nyaring

Baca juga: Psikolog: Hari anak momentum ajak anak gemar membaca


Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kemenko PMK, Warsito mengatakan orang tua harus memiliki komitmen waktu untuk membaca bersama anak dan berkomitmen menyediakan anggaran untuk membeli buku atau mengoleksi buku yang berkualitas.

Dia menambahkan bahwa orang tua perlu rutin membacakan buku kepada anak menjelang waktu tidur. "Sebagai sesi pengantar tidur, orang tua bisa membacakan cerita atau dongeng kepada anak-anaknya," katanya.

Selain itu, yang juga tidak kalah penting, kata dia, orang tua harus memilihkan buku-buku sesuai minat anak.

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023