Para pejabat tersebut selanjutnya diwajibkan untuk menandatangani pakta integritas untuk memegang teguh etika dan norma organisasi di SKK Migas
Jakarta (ANTARA) - Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto melantik 58 pegawai setingkat kepala divisi di lingkungan SKK Migas pada Selasa (28/2/2023).

Pengisian jabatan dan rotasi tersebut dilakukan dalam rangka pembenahan dan pemantapan organisasi untuk meningkatkan kinerja SKK Migas dalam upaya meningkatkan produksi minyak dan gas bumi untuk mencapai target jangka pendek maupun jangka panjang dan menjadikan organisasi sebagai centre of excellence.

"Pengisian jabatan dan rotasi ini selain dalam rangka pengisian jabatan sesuai struktur SKK Migas yang baru, juga menjadi sarana untuk melakukan promosi dan rotasi untuk dapat menjaga semangat dan kesegaran organisasi untuk dapat terus berjalan secara optimal," ucap Sekretaris SKK Migas Shinta Damayanti dalam keterangan resminya yang diterima di Jakarta, Rabu.

Pelantikan tersebut juga sebagai tindak lanjut dari Permen ESDM Nomor 2 Tahun 2022 tentang Organisasi dan Tata Kerja Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi.

Setelah dilantik, para pejabat tersebut selanjutnya diwajibkan untuk menandatangani pakta integritas untuk memegang teguh etika dan norma organisasi di SKK Migas untuk mewujudkan "4 no" dalam tata kelola hulu migas, yaitu "no bribery", "no kickback", "no gift", dan "no luxurious hospitality".

Tidak hanya pakta integritas, para pejabat yang dilantik tersebut juga wajib mengimplementasikan core values SKK Migas dalam menjalankan pekerjaan, yaitu P.R.U.D.E.N.T, yaitu "Professional", "Responsive", "Unity in Diversity", "Decisive", "Ethics", "Nation Focused", dan "Trustworthy".

"Selain untuk diri sendiri, para kepala divisi atau setingkat juga harus menjadi contoh (role model) bagi pegawai di struktur di bawahnya," ujar Shinta.

Selain itu, kata dia, untuk pejabat yang mendapatkan promosi pada pelantikan diingatkan untuk melakukan kinerja terbaik dan terus bersinergi dan berkolaborasi dengan cara kerja yang out of the box dalam rangka mencapai target APBN 2023 dan target jangka panjang di tahun 2023, yaitu produksi minyak 1 juta barel per hari (BOPD) dan gas 12 miliar kaki kubik per hari (BSCFD).

"Para pejabat yang dilantik juga diingatkan agar menjadi garda terdepan untuk mewujudkan program yang massive, agresive, dan efficient serta menghancurkan silo-silo kepentingan yang dapat menghambat tercapainya tujuan SKK Migas," kata Shinta.

Baca juga: SKK Migas menemukan 15,02 juta kaki kubik gas di Pulau Seram, Maluku
Baca juga: SKK Migas: pengadaan barang/jasa hulu migas capai 6,08 miliar dolar AS
Baca juga: SKK Migas dan CEO KKKS bahas peningkatan kinerja industri hulu migas

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023