Pemerintah provinsi siap menjadi penghubung antara perguruan tinggi negeri maupun swasta di Kalimantan Tengah untuk menjalin kerja sama dengan Universitas Indonesia dalam mengoptimalkan peningkatan SDM
Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menjalin kerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) untuk mengoptimalkan pengembangan daerah pada berbagai sektor potensial yang dimiliki daerah itu.

Jalinan kerja sama keduanya, dalam taklimat media yang diterima di Palangka Raya, ditandai penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama oleh Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran dan Rektor Universitas Indonesia Ari Kuncoro di Kampus UI Depok, Jawa Barat, Rabu.

"Saya rasa sangat penting dukungan dan kerja sama dengan Universitas Indonesia. Melalui kerja sama ini dapat memberikan kontribusi terkait penelitian, pembangunan, dan pengembangan daerah," kata Sugianto Sabran.

Dia berharap dengan adanya kerja sama ini mampu mendorong percepatan berbagai program pembangunan dan kemajuan pada ragam sektor di Kalimantan Tengah, sehingga manfaatnya benar-benar dapat dirasakan masyarakat.

"Kerja sama ini juga hendaknya dapat dioptimalkan untuk terus memperkuat penciptaan inovasi produk daerah, kualitas SDM, kapasitas daerah dalam pengelolaan sumber daya alam, pengembangan ekonomi lokal, serta potensi lain yang dapat dikembangkan sebagai komoditas unggulan daerah," katanya.
Pertemuan Pemprov Kalimantan Tengah bersama jajaran Universitas Indonesia di Kampus UI Depok, Jawa Barat, Rabu, (1/3/2023). (FOTO ANTARA/HO-Diskominfosantik Kalteng)


Gubernur menyatakan berdasarkan potensi yang dimiliki Kalimantan Tengah, pemerintah provinsi saat ini juga merencanakan pembangunan universitas atau perguruan tinggi di dua wilayah, yakni timur (DAS Barito) dan barat (Kotawaringin).

Rencana ini sebagai upaya pemerintah provinsi dalam mengoptimalkan peningkatan sumber daya manusia yang dimiliki Kalimantan Tengah sebagai daerah penyangga Ibu Kota Negara (IKN).

Selain itu, pemerintah provinsi siap menjadi penghubung antara perguruan tinggi negeri maupun swasta di Kalimantan Tengah untuk menjalin kerja sama dengan Universitas Indonesia dalam mengoptimalkan peningkatan SDM.

Sementara itu, Rektor Universitas Indonesia Prof Ari Kuncoro mengatakan, Kalimantan Tengah memiliki kesempatan untuk melaksanakan pembangunan yang berimbang dengan lingkungannya.

"Ini merupakan suatu model perguruan tinggi bahwa ilmu harus dihilirisasikan. Kalteng merupakan suatu provinsi yang menarik, sehingga bisa diaplikasikan yang disebut sebagai pembangunan yang berimbang dan potensi itu terbuka luas di Kalteng," katanya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo, kepala perangkat daerah terkait, serta seluruh Wakil Rektor, Dekan Fakultas dan Direktur lingkup Universitas Indonesia.

Baca juga: Iluni UI siap berpartisipasi cegah dan tanggulangi karhutla di Kalteng

Baca juga: Anggota DPR apresiasi Muhammadiyah dalam pengembangan SDM di Kalteng

Baca juga: Gubernur Kalteng ingin bangun universitas di wilayah DAS Barito

Baca juga: UMPR-PCIM Turki siap kolaborasi majukan SDM Kalteng


 

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023