Jakarta (ANTARA) -
Lima berita politik pada Rabu (1/3) yang masih menarik untuk dibaca dan menjadi perhatian publik, mulai dari Susi Pudjiastuti bantah pilot Philip bagian dari OPM hingga penggunaan "e-Coklit" di lapangan sudah lancar.
 
Klik di sini untuk berita selengkapnya
 
1. Susi Pudjiastuti tepis rumor pilot Philip bagian dari OPM
 
Presiden RI Joko Widodo menerima kunjungan resmi Perdana Menteri Republik Demokratik Timor Leste Taur Matan Ruak di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin.
 
Pendiri sekaligus pemilik maskapai penerbangan Susi Air, Susi Pudjiastuti, menepis rumor pilot Susi Air berkebangsaan Selandia Baru Philip Mark Mehrtens merupakan bagian dari Organisasi Papua Merdeka (OPM).
 
"Itu sangat tidak benar, yang mengatakan Philip bersama dengan OPM atau apa, itu tidak," kata Susi saat konferensi pers di SA Residence, Jakarta Timur, Rabu.
 
Selengkapnya di sini
 
2. KPU sebut penggunaan "e-Coklit" di lapangan sudah lancar
 
Anggota KPU RI Betty Epsilon Idroos mengatakan penggunaan e-Coklit pada tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih Pemilu 2024 secara langsung kepada masyarakat oleh petugas pemutakhiran data pemilih (pantarlih) sudah lancar.
 
"Walaupun di awal terdapat beberapa penyesuaian yang dilakukan pantarlih lewat e-Coklit, semuanya sekarang sudah sangat lancar penggunaan e-Coklit di lapangan," kata Betty dalam diskusi media bertajuk "Menelisik Kendala dan Solusi Pemutakhiran Data Pemilih Pemilu 2024" di Media Center Bawaslu RI, Jakarta, Rabu.
 
Selengkapnya di sini
 
3. Airlangga Hartarto menang Musra di lima daerah
 
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menang di musyawarah rakyat (Musra) untuk lima daerah di Indonesia.
 
Bakal calon presiden Partai Golkar itu unggul Musra di Provinsi Gorontalo, Banten, Sulawesi Barat, Kalimantan Selatan dan Papua Barat.
 
“Airlangga mendapatkan 34,35 persen suara, mengungguli Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 19,56 persen, dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dengan 15,05 persen,” kata penanggungjawab Musra Papua Barat Budi Ari Setiadi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.
 
Selengkapnya di sini
 
4. Bamsoet minta Arab Saudi beri tambahan kuota haji Indonesia
 
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta Pemerintah Arab Saudi memberikan tambahan kuota haji bagi jamaah asal Indonesia.
 
Dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu, Bamsoet menyampaikan hal itu kepada Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia Faisal Abdullah H. Amodi.
 
"Dengan penambahan kuota haji, diharapkan dapat memangkas masa tunggu keberangkatan haji Indonesia dari yang saat ini rata-rata 20 hingga 30 tahun agar bisa menjadi di bawah 10 tahun," kata Bamsoet.
 
Selengkapnya di sini
 
5. Para Syndicate prediksi reshuffle menteri pada 8 Maret atau 12 April
 
Direktur Eksekutif Para Syndicate Ari Nurcahyo memprediksi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan reshuffle terhadap menteri atau perombakan kabinet pada 8 Maret 2023 atau 12 April 2023.
 
“Kemungkinannya antara 8 Maret atau 12 April. 8 Maret itu situasi masih sebelum bulan Ramadhan, tetapi nanti 12 April itu masih situasi di bulan Ramadhan,” ucap Ari Nurcahyo dalam webinar bertajuk, “MARET: Bulan Reshuffle dan Koalisi Menuju Laga Pilpres”, dipantau di kanal YouTube PARA Syndicate, dari Jakarta, Rabu.
 
Selengkapnya di sini
 
 
 
 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023