Pengukuran ini juga menunjukkan tren peningkatan kepercayaan publik kepada KPK.
Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengapresiasi dukungan dan kepercayaan publik yang tertuang dalam hasil survei oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada periode Februari 2023.

"Pengukuran ini juga menunjukkan tren peningkatan kepercayaan publik kepada KPK yang terus konsisten naik dalam tiga survei terakhir," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri di Jakarta, Kamis.

Survei tersebut menempatkan KPK dengan perolehan skor "sangat dipercaya" publik paling tinggi di antara lembaga penegak hukum lainnya.

Survei LSI dalam segmen "kepercayaan masyarakat terhadap lembaga dalam memberantas korupsi" menempatkan KPK di posisi teratas dengan skor 71 persen. Urutan berikutnya kejaksaan dengan skor 69 persen, pengadilan skor 63 persen, dan Polri skor 61 persen.

"Dengan capaian 71 persen, KPK juga menjadi lembaga yang paling dipercaya publik dalam pemberantasan korupsi. Skor ini juga mengalami tren positif yang terus meningkat dalam tiga survei terakhir," kata Ali.

Ali menyebut KPK selalu menempatkan publik sebagai elemen penting dalam pelaksanaan tugas pemberantasan korupsi, baik melalui strategi pendidikan, pencegahan, maupun penindakan.

Hal ini mengingat dalam setiap strategi tersebut KPK selalu melibatkan publik untuk turut berkontribusi dan berkolaborasi.

"Dengan demikian, seluruh elemen masyarakat punya awareness dan upaya bersama melalui peran dan fungsinya masing-masing untuk menurunkan tingkat korupsi di Indonesia," ujarnya.

Baca juga: Kejagung sebut hasil survei jadi motivasi
Baca juga: Indopol: Kepercayaan publik terhadap Polri naik menjadi 69,35 persen

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023