Dengan pendaftaran online, calon pelanggan dapat mendaftar berlangganan GasKita kapan pun dan di mana pun
Jakarta (ANTARA) - Subholding Gas Pertamina, PT PGN Tbk menyediakan layanan pendaftaran berlangganan jaringan gas (jargas) GasKita secara online melalui laman pgas.id dan PGN Mobile.

"Dengan pendaftaran online, calon pelanggan dapat mendaftar berlangganan GasKita kapan pun dan di mana pun," kata General Manager SOR III PGN Edi Armawiria dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Saat ini, PGN sedang gencar menyosialisasikan jargas di Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, dan Kota Tangerang Selatan. Pembangunan jargas di wilayah Yogyakarta ditargetkan sebanyak 12.900 sambungan rumah (SR), sedangkan Tangerang Selatan 36.000 SR.

"PGN masih terbuka bagi masyarakat berlangganan jargas di Kota Yogya dan Sleman," ujar Edi.

Ia menjelaskan di laman pendaftaran GasKita, calon pelanggan diminta mengisi data alamat rumah yang akan dipasang jargas.

"Beberapa data juga kami butuhkan di antaranya penggunaan listrik yang dipakai, bahan bakar yang digunakan, dan peralatan gas yang dipakai," jelasnya.

Selanjutnya, calon pelanggan diminta mengisi nama sesuai kartu identitas, nomor induk kependudukan (NIK), nomor telepon yang dapat dihubungi, dan alamat email.

Setelah dilakukan verifikasi dan evaluasi dari data yang dimasukkan, PGN akan membangun jargas di lokasi calon pelanggan.

"Kami tengah melakukan ekspansi di wilayah Tangerang Selatan, sehingga pendaftaran secara online ini akan lebih efisien dan praktis. Ini diharapkan juga dapat mempercepat pencapaian target pembangunan," sebut General Manager SOR II PGN Sonny Rahmawan Abdi.

Ia melanjutkan produk GasKita menawarkan layanan energi yang praktis, modern, aman, dan suplai gas tersedia 24 jam.

"Dengan jargas juga tidak perlu menggunakan peralatan memasak yang baru, karena kompornya dikonversi ke gas," lanjutnya.

PGN juga memberikan gratis instalasi pipa sampai dengan kompor maksimal 15 meter, gratis konversi kompor maksimal dua tungku, gratis satu kali inspeksi dan peralatan pipa, serta asuransi kebakaran.

"Pembayaran pemakaian gas dilakukan sebulan sekali sesuai jumlah pemakaian. Tagihan pembayaran gas disampaikan melalui email atau SMS. Kemudian, pembayaran dilakukan melalui berbagai channel," jelas Edi.

Selain sebagai utilisasi energi domestik, gas bumi rumah tangga juga berkontribusi dalam penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan, sekaligus menurunkan impor dan subsidi energi.


Baca juga: Kurangi impor elpiji, pemerintah bangun jargas satu juta sambungan
Baca juga: Subholding Gas Pertamina bangun 36.000 jargas di Bintaro Tangsel
Baca juga: 4.153 rumah di Kota Probolinggo nikmati jaringan gas gratis

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023