Solo (ANTARA) - Tim basket Dewa United Banten berhasil mengatasi perlawanan Bali United Basketball dengan skor 85-66 dalam pertandingan Indonesian Basketball League (IBL) 2023 seri IV di GOR Sritex Arena Solo, Jawa Tengah, Kamis.

Pada kuarter pertama, Dewa United Banten yang menurunkan pemain utama mereka sempat bermain ketat di lima menit pertama dengan skor 11-11.

Namun di menit-menit selanjutnya Dewa yang diawaki Lucky Abdi Pasondok, Kevin Moses Eliazer, Kaleb Ramot Gemilang, Xaverius Prawiro, dan Anthony Johnson ini, sempat tertinggal dalam pengumpulan pon dan Bali United unggul 26-23.

Keunggulan Bali United yang menurunkan Abraham R. Wenas, Sandy Febiansyakh Kuniawan, Bima Riski Ardinasyah, Dior Alexandros Lowhom dan Surliyadin tetap bertahan pada lima menit kuarter kedua dengan kedudukan 31-29.

Mengatasi defisit ini, Kaleb Ramot dan pemain Dewa United lainnya mulai bangkit mengumpulkan poin baik melalui tembakan dua poin maupun tiga poin sehingga mampu membalik keadaan di kuarter kedua dengan unggul 47-36.

Bahkan Dewa United yang mampu menjaga ritme permainan lebih menguasai permainan di kuarter ketiga sehingga mampu menjaga keunggulan atas Bali United dengan skor 68-50.

Dewa United melalui manuver-manuver serangan yang solid baik melalui terobosan, tembakan dua poin dan tiga poin ke ring lawan akhirnya menutup kuarter dengan keunggulan atas Bali United 85-66.

Pebasket Dewa United Banten penyumbang poin terbanyak di pertandingan tersebut yakni Anthony Johnson dengan 20 poin, disusul Kaleb Ramot Gemilang dengan 17, dan Ramos Bysher (15 poin). Sedangkan pengumpul poin terbanyak Bali United Basketball adalah Julius Bowie dengan 16 poin, disusul Abraham R. Wenas dengan 14 poin dan Dior Alexandros Lowhom (13 poin).

Pelatih Dewa United Banten Maximiliano Enrique Seigoman mengakui pada kuarter pertama sempat tertinggal dalam perolehan angka karena lawan bermain lebih bagus.

"Namun kami bisa bangkit dan kemudian unggul dalam perolehan poin pada kuarter kedua, ketiga dan keempat," kata pelatih asal Argentina itu.

Pebasket Dewa United Banten, Kevin Moses Eliazer mengatakan, pada kuarter pertama tim sempat kalah karena lawan bermain lebih cepat, tetapi pada kuarter selanjutnya tim bisa menemukan ritme permainan dan unggul atas Bali United.

Sementara pelatih Bali United Basketball Anthony Garbelotto mengatakan, pemainnya hanya punya jeda pertandingan dua hari sedangkan lawan lebih banyak sehingga Bali United terlihat kelelahan menghadapi Dewa United.

Hasil pertandingan sebelumnya antara Bumi Borneo Basketball melawan RJ Amartha Hangtuah Jakarta berakhir dengan skor 65-50 dan pertandingan Prawira Harum Bandung kontra Mountain Gold Timika berakhir dengan skor 82-66.

Baca juga: Dewa United balas kekalahan dari Patriots
Baca juga: Pelita Jaya kalahkan Bali United 86-76, Andakara Prastawa cetak rekor

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023