Peresmian ini baru langkah awal. Kita mulai dari langkah pertama. Tentu, akan ada langkah- langkah lanjutan setelah ini
Jakarta (ANTARA) - PT Jababeka Tbk (kode saham: KIJA) meresmikan Jababeka Medical City yang merupakan infrastruktur kesehatan berstandar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berlokasi di Kota Jababeka, Cikarang, Jawa Barat,

​​​​​"Peresmian ini baru langkah awal. Kita mulai dari langkah pertama. Tentu, akan ada langkah- langkah lanjutan setelah ini," ujar Founder dan Chairman KIJA Setyono Djuandi Darmono dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

Darmono menambahkan langkah awal Jababeka Medical City bisa dimulai menjadi tempat perawatan bagi masyarakat lokal maupun asing, seperti menjalankan pola hidup sehat, check-up rutin, menjalankan makan yang sehat, serta mendapatkan nasehat dari dokter.

“Sehingga, di sini bisa menjadi percontohan bagaimana hidup sehat tanpa jatuh sakit. Kalau kita sehat, dan tidak sampai sakit, biaya kesehatan bakal lebih murah dan semuanya jadi lebih baik,” ujar Darmono.

Dalam kesempatan sama, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengapresiasi Jababeka yang telah meresmikan Jababeka Medical City demi membantu hadirnya pelayanan kesehatan di masyarakat lebih optimal.

"Salah satu medical city ini bisa dari medical equipment-nya, bisa dari medical education-nya, bisa juga medical services-nya. Dan medical education, saya lihat sudah ada nih perguruan tinggi negerinya,” ujar Budi.

Pihaknya berharap Jababeka Medical City bisa berkembang dan keberadaannya memberikan dampak baik kepada masyarakat Indonesia.

Jababeka Medical City berada di atas lahan seluas 72 hektare dalam masterplan Jababeka Cikarang seluas 5.600 hektare.

Hingga saat ini, di kawasan industri Jababeka telah berdiri 20 rumah sakit dengan kurang lebih 4.000 tempat tidur yang melayani lebih dari 2.000 perusahaan multinasional dari 34 negara dengan sekitar satu juta angkatan kerja.

Selain itu, terdapat puluhan pabrik farmasi di antaranya Dexa Medica Group, Ferron Par Pharmaceuticals, Genero Pharmaceuticals, Ethica Industri Farmasi, Combiphar Donga, Anugrah Pharmindo Lestari, dan Intan Jaya Medika Solusi.

Kemudian, tersedia lima hotel berkelas bintang 5 di dalam Kawasan Industri Jababeka sebagai tempat menginap, seperti Hotel Holiday Inn, Batiqa Hotel, Antero Jababeka Hotel, Grand Zuri Jababeka, Ibis Styles Cikarang, dan The Celecton Hotel.

Baca juga: Jababeka luncurkan sistem pelaporan pengelolaan lingkungan daring

Baca juga: Jababeka alokasikan belanja modal Rp400 miliar pada tahun ini

Baca juga: Jababeka bidik 'marketing sales' capai Rp2 triliun di 2023

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023