Pemerintah daerah lebih proaktif untuk mendukung pelaksanaan tugas TNI dan Polri.
Jakarta (ANTARA) -
Anggota Komisi I DPR RI Yan Permenas Mandenas meminta Pemerintah Kabupaten Merauke proaktif bersinergi dengan TNI dan Polri untuk memberikan dukungan anggaran terkait dengan sarana dan prasarana kebutuhan TNI/Polri, terutama di daerah perbatasan Indonesia.
 
"Jadi, saya berharap pemerintah daerah sudah lebih proaktif untuk mendukung pelaksanaan tugas TNI dan Polri. Jangan sampai tidak mendukung, apalagi ini 'kan wilayah perbatasan yang sangat strategis," kata Yan Permenas Mandenas dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Yan mengatakan bahwa TNI/Polri sebelumnya telah menyampaikan beberapa kebutuhan alat utama sistem pertahanan (alutsista) yang perlu diperkuat, serta sarana dan prasarana untuk memenuhi kebutuhan personel di Merauke pada rapat kerja tertutup bersama Komisi I DPR RI beberapa waktu lalu.
 
Untuk itu, Yan mengatakan akan menempuh upaya melalui Komisi I DPR RI dan Badan Anggaran (Banggar) DPR RI.
 
"Jadi, saya akan komunikasikan supaya anggaran yang ada digunakan dengan baik dan bisa dialokasikan juga untuk dukung TNI. Kalau berharap Mabes, 'kan anggarannya juga terbatas," tuturnya.
 
Ditegaskan pula bahwa tujuan diaturnya dana otsus dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2021 tentang Otonomi Khusus (UU Otsus) agar pemerintah daerah tidak ragu-ragu beri dukungan pada TNI dan Polri.

"Saya sampaikan bahwa di Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2021 tentang Otonomi Khusus sekarang sudah ada cantolan hukumnya, bahwa dana otsus itu bisa mendukung tugas TNI dan Polri. Jadi, tidak ada alasan bagi mereka untuk tidak bisa lakukan," kata wakil rakyat asal Daerah Pemilihan Papua itu.

Baca juga: Anggota Komisi I minta dana Otsus Papua subsidi pendidikan gratis
Baca juga: Anggota Komisi I DPR evaluasi implementasi UU Otsus Papua di Biak

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023