Alat berat dari Sumber Daya Air sudah turun
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) mengerahkan puluhan petugas untuk menangani jalan amblas di Jalan R.A. Kartini, Cilandak Barat atau tepatnya depan kantor Kecamatan Cilandak sepanjang 20 meter.

"Sekarang masih diperbaiki oleh 30 orang petugas Dinas SDA (Sumber Daya Air) dan 10 orang yang terdiri dari Bina Marga dan Pekerjaan Umum di lokasi," kata Camat Cilandak Djaharuddin saat dihubungi, di Jakarta, Jumat.

Djaharuddin menambahkan ada juga sejumlah petugas seperti petugas lalu lintas, Dinas Perhubungan, Satpol PP yang berjaga di lokasi untuk mengatur arus jalan yang macet.

Selain itu, juga sudah ada satu alat berat yang dikerahkan untuk mendukung proses konstruksi perbaikan jalan yang disebabkan kikisan tingginya curah hujan selama satu minggu terakhir tersebut.

"Alat berat dari Sumber Daya Air sudah turun, termasuk mesin pengeruk (excavator) dan truk di lokasi," tambahnya.

Baca juga: Bina Marga DKI perbaiki jalan amblas karena hujan

Djaharuddin membenarkan memang kawasan padat lalu lintas tersebut sudah amblas dua kali yakni terakhir pada Sabtu (25/2) lantaran ada titik bocor jalan yang sebelumnya tidak diprediksi.

"Jadi, hujan deras itu menggerus bagian bahu jalan, ini secara teknis lagi dicoba dicor agar lebih kuat dan diharapkan tidak terjadi lagi seperti ini," ujarnya.

Lebih lanjut, pihaknya belum bisa memastikan waktu selesainya perbaikan jalan tersebut, namun dipastikan selesai dalam waktu dekat mengingat jalan itu merupakan jalur utama pengendara.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk mencari jalan alternatif sementara untuk menghindari kemacetan karena perbaikan jalan," imbaunya.

Djaharuddin belum merinci anggaran perbaikan jalan amblas tersebut, termasuk sumbernya. 

Baca juga: Polsek Cilandak imbau cari alternatif imbas amblas di Jalan RA Kartini

BPBD DKI mendata berdasarkan pemetaan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyebutkan 10 titik rawan longsor per Maret 2023.

Daerah rawan itu yakni di Jakarta Selatan meliputi wilayah Kecamatan Cilandak, Jagakarsa, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Mampang Prapatan, Pancoran, Pasar Minggu dan Pesanggrahan.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023