Jakarta (ANTARA/JACX) – Hakim Wahyu Iman Santoso diklaim mengalami kecelakaan tunggal setelah memvonis hukuman mati terhadap Ferdy Sambo, pada 13 Februari 2023, demikian unggahan video di Tiktok.

Unggahan itu menyertakan tangkapan layar konten menyerupai berita daring yang melaporkan kecelakaan hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan itu.

Berikut potongan narasi tangkapan layar menyerupai konten berita daring itu:
"Ketua Majelis Hakim Wahyu Iman Santoso dikabarkan mengalami kecelakaan tunggal usai memberikan vonis hukuman mati kepada terdakwa kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J, Ferdy Sambo.”

Sementara, akun TikTok pengunggah video itu menambahkan keterangan, "ini bener gasih?? ya Allah gimna keadaan pa hakim? ini bener gasih aku dapet infonya dari metro.com”.

Benarkah hakim yang memvonis hukuman mati terhadap Ferdy Sambo di PN Jakarta Selatan itu mengalami kecelakaan seperti disebut pada unggahan TikTok?

Unggahan hoaks yang menyatakan Hakim Wahyu Iman Santoso kecelakaan usai vonis mati Ferdy Sambo. Faktanya, tidak ditemukan informasi resmi yang dapat mengklarifikasi kebenaran isu ini. (TikTok)
Penjelasan:
Tangkapan layar yang disertakan dalam unggahan di TikTok berasal dari Suara.com dengan judul ‘CEK FAKTA: Hakim Wahyu Iman Santoso Alami Kecelakaan Tunggal Usai Vonis Mati Ferdy Sambo, Benarkah?‘.

Konten Suara.com, merupakan bantahan dari unggahan hoaks terkait Hakim Wahyu Iman Santoso.

Suara.com telah jelas menyatakan kabar kecelakaan tunggal yang dialami Hakim Wahyu Iman Santoso merupakan kabar tidak benar.

Konten Cek Fakta itu merupakan klarifikasi atas video Youtube berjudul, “Mengejutkan || Hkim yg beri V0nis Mti pada smbo tiba² alami kecelakn tunggl. HKIM SAMBO KRITIS. BALASAN KARENA JATVHKN VONIS MATI?” yang tersebar di media sosial.

Tidak terdapat fakta terverifikasi bahwa Hakim Wahyu Iman Santoso mengalami kecelakaan tunggal setelah memvonis hukuman mati terhadap Ferdy Sambo, pada 13 Februari.

Klaim: Hakim Wahyu Iman Santoso alami kecelakaan usai vonis mati Ferdy Sambo
Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Kapolri umumkan tanggal eksekusi mati Ferdy Sambo

Cek fakta: Hoaks! Bharada E bebas hukuman karena Presiden Jokowi

Baca juga: Kejagung jelaskan alasan ajukan banding perkara Ferdy Sambo dkk

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2023