kami melayani warga hingga malam hari
Jakarta (ANTARA) - Unit Pengelola Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (UPPMPTSP) Kabupaten Kepulauan Seribu mengarungi laut ke berbagai pulau hingga ke   Pulau Sabira, Kepulauan Seribu Utara untuk memberikan pelayanan terpadu keliling (PTK).

"Pada kegiatan PTK di Pulau Sabira itu, kami melayani warga hingga malam hari. Sehingga, warga yang masih melaut atau bekerja juga memiliki kesempatan untuk mengurus perizinan dan non-perizinan yang diperlukan," kata Kepala Subbagian Tata Usaha UPPMPTSP Kepulauan Seribu Konrat Sianturi di Jakarta, Jumat.

PTK berlangsung dua hari, pada Kamis (2/3) dan Jumat (3/3), bahkan layanan pada Kamis dijadwalkan sampai malam, sekitar pukul 22.00 WIB.

Pelayanan yang diberikan adalah kegiatan layanan perizinan dan non-perizinan meliputi pelayanan administrasi kependudukan, konsultasi pembuatan Surat Tanda Kebangsaan (Pas) kapal, pelayanan pajak, konsultasi pengadilan agama dan lainnya.

Konrat menjelaskan layanan jemput bola itu tidak hanya menyediakan satu pelayanan, tetapi melibatkan sejumlah instansi, dari Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Priok, Pengadilan Agama Jakarta Utara, hingga Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jakarta Utara.

Masing-masing instansi mengirimkan petugas untuk berlayar sejak Kamis, demi menunaikan tugas PTK.

Sejumlah alat pelayanan yang dibutuhkan seperti mesin cetak (printer), komputer jinjing (laptop), tetikus (mouse), gulungan spanduk (roll banner), dan lain-lain, dibawa oleh petugas masing-masing instansi dari daratan Jakarta sejak Kamis pagi pukul 07.00 WIB, bak bekal untuk berlayar.

Adapun jumlah pelayanan yang diberikan dalam dua hari itu mencapai 143 permohonan, baik perizinan maupun non-perizinan.

"Meskipun cuaca kurang mendukung, layanan PTK harus tetap berjalan. Karena, kami ingin hadir lebih dekat memberikan kemudahan dan pelayanan optimal bagi warga," kata Konrat.

Ketua RW 03 Pulau Sebira Ali Kurniawan mengapresiasi kegiatan PTK yang dilakukan UPPMPTSP Kabupaten Kepulauan Seribu.

"Kami sangat mengapresiasi upaya UPPMPTSP Kabupaten Kepulauan Seribu. Warga sangat antusias dan merasa terbantu, terlebih layanan itu digelar hingga malam hari," kata Ali.
Baca juga: Pertamina Hulu Energi berikan alat pakan ikan di Pulau Panggang
Baca juga: Kepulauan Seribu dapat 2.000 paket sembako dari Pj Gubernur
Baca juga: Petugas evakuasi kapal pembawa pangan di Kepulauan Seribu

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023