Jakarta (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) menyiapkan selter serta bantuan makanan, pakaian, dan air bersih bagi korban kebakaran yang terjadi di Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara.

"PMI menampung berapa saja pengungsi yang rumahnya ikut terbakar dan kita akan memenuhi semua kebutuhan sambil kita menunggu kebijakan apa yang diambil oleh Gubernur dan Pertamina," kata Ketua PMI Pusat M Jusuf Kalla di Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan bahwa warga yang rumahnya terdampak kebakaran bisa mengungsi di selter PMI sampai mereka kembali mendapat tempat tinggal.

PMI juga menyediakan bantuan bagi warga terdampak kebakaran yang mengungsi di selter PMI maupun di luar selter PMI.

"Bantuan logistik tidak hanya yang ada di sini, tapi juga yang ada di luar, karena PMI tugasnya memang itu," kata Jusuf Kalla.

Jusuf Kalla juga mengemukakan bahwa semasa menjabat sebagai wakil presiden dia sering menyampaikan peringatan mengenai bahaya permukiman yang berada terlalu dekat dengan depo Pertamina.

Dia menyampaikan hal itu karena kebakaran yang melanda Depo Pertamina pada 3 Maret 2023 bukan kejadian yang pertama.

Kebakaran juga pernah terjadi pada depo 24 yang menampung 5.000 kilo liter bahan bakar premium pada 17 Januari 2009.

Jusuf Kalla mengatakan bahwa daerah sekitar depo Pertamina semestinya bebas dari permukiman penduduk supaya jumlah korban bisa diminimalkan jika terjadi kejadian seperti kebakaran.

Baca juga:
Kementerian Sosial bantu korban kebakaran di Depo Pertamina Plumpang
PMI Jakarta Utara siap tampung pengungsi selama dibutuhkan

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023