Jakarta (ANTARA) - Gary Rossington, gitaris yang mendirikan band southern rock Lynyrd Skynyrd, meninggal dunia dalam usia 71 tahun pada Minggu (5/3) waktu setempat, menurut pengumuman dari band tersebut melalui halaman Facebook-nya.

"Dengan simpati dan kesedihan terdalam kami, kami harus menyampaikan berita bahwa kami kehilangan saudara laki-laki, teman, anggota keluarga, penulis lagu dan gitaris, Gary Rossington, hari ini," kata Lynyrd Skynyrd, Minggu (5/3).

Hingga saat ini, belum ada detail lain yang dikabarkan dari pihak Lynyrd Skynyrd, termasuk penyebab kematian gitaris tersebut.

Baca juga: Pemain keyboard "Depeche Mode" Andrew Fletcher meninggal dunia

Deadline pada Minggu (5/3) menyebutkan bahwa Rossington merupakan pendiri band terakhir yang tersisa hingga tahun ini. Pada 1977, dia menjadi salah satu orang yang selamat dari kecelakaan pesawat yang menewaskan frontman Ronnie Van Zant, gitaris Steve Gaines, dan vokalis latar Cassie Gaines.

Dalam kecelakaan tersebut, Rossington mengalami luka parah berupa patah tulang kaki, lengan, hingga panggulnya. Dia bergabung kembali dengan band setelah saudara laki-laki Van Zant, Johnny, membentuk kembali Lynyrd Skynyrd pada 1987. Sejak saat itu, band ini telah melakukan rekaman dan tur konser.
 
Rossington pernah menjalani operasi jantung darurat pada 2021. Dia pulih dan bergabung kembali dengan band. Berita kematiannya datang di tengah Lynyrd Skynyrd bersiap untuk melakukan tur di 22 kota di Amerika Utara.

Formasi asli Lynyrd Skynyrd termasuk Rossington sendiri beserta frontman Ronnie Van Zant, gitaris Allen Collins dan Larry Junstrom, dan drummer Bob Burns. Awalnya band ini dibentuk pada 1964 di Jacksonville, AS, dengan nama My Backyard.

LP debut mereka yang keluar pada 1973 menjadi hit di masanya, termasuk menampilkan lagu-lagu seperti "Gimme Three Steps", "Tuesday's Gone", "Simple Man", dan "Free Bird". Band ini dilantik masuk ke dalam Rock and Roll Hall of Fame pada 2006.

Baca juga: Ditinggal wafat Steve Mackey, vokalis Pulp unggah foto kenangan

Baca juga: Drummer band legendaris Jepang YMO meninggal dunia

Baca juga: Drummer Modest Mouse meninggal dunia usai berjuang lawan kanker

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023